Hebat! DNA Buktikan Prajurit Viking Berpangkat Tinggi Ternyata Seorang Perempuan

Hebat! DNA Buktikan Prajurit Viking Berpangkat Tinggi Ternyata Seorang Perempuan

(Foto: Slash Gear)

CALIFORNIA - Pejuang Viking yang dikubur di pemakaman bj581 ternyata berjenis kelamin perempuan. Hal itu terkuak dari pengujiam DNA.

Dari pengujian DNA itu mengungkapkan contoh di mana seorang perempuan mendapatkan status tinggi di antara orang-orang Viking. Hal ini jelas bertentangan dengan citra tradisional Viking, meski gagasan itu sendiri bukanlah hal yang baru.

Kuburan itu digali pada abad ke-19. Kehadiran senjata dan perisai di kuburan itu menyebabkan banyak orang menganggap kerangkat itu milik seorang pria meski ukurannya ramping.

Para pejabat telah lama menduga bahwa Viking yang ditemukan di kubuaran ini merupakan laki-laki karena sepasang perisai, kuda, pisau temput, kapak, anak panah, tombak dan pedang ditemukan di kuburan.

Kehadiran item itu menunjukkan status tinggi di antara bangsa Viking, dan anggapan bahwa artefak ini menunjukkan adanya seorang pejuang. Tak diketahui apakah perempuan yang dikuburkan di kuburan ini sebenarnya merupakan pejuang.

Namun, asumsi prajurit diberikan pada jasad laki-laki, dan asumsi yang sama diberikan kepada perempuan ini juga. Pembongkaran mempertanyakan asumsi default bahwa kuburan alam ini milik laki-laki.

Ini bukan satu-satunya contoh dari apa yang disebut kuburan anomali yakni yang tak sesuai dengan tren, seperti kerangka ramping di bj581, seperti dikutip dari Slash Gear, Kamis (14/92/2017).

Beberapa peneliti mempertanyakan apakah kuburan Viking lainnya mengandung sisa-sisa perempuan yang memegang posisi militer dalam budaya, sesuatu yang memberi penerangan tambahan dalam cara masyarakat Viking bekerja.

(din)

Baca Juga

Yuk! Kenali Osilasi Madden Julian si Pembawa Hujan

Yuk! Kenali Osilasi Madden Julian si Pembawa Hujan