Menakutkan! Foto Daratan Bumi Sebelum dan Sesudah Badai Harvey

Menakutkan! Foto Daratan Bumi Sebelum dan Sesudah Badai Harvey

(Foto: Reuters)

JAKARTA - Badai Harvey menjadi pusat perhatian sejak melanda Texas beberapa waktu lalu. Badai yang memicu banjir itu membuat banyak orang terpaksa meninggalkan tempat tinggal mereka ke tempat yang aman.

Banjir semakin parah mengingat curah hujan yang tinggi dan bahkan menyebabkan sebuah bendungan jebol. Jebolnya bendungan tersebut telah menyebabkan jalan-jalan di kota terendam air serta memutus akses transportasi.

Foto-foto daratan yang terkena banjir tersebut dapat dilihat melalui situs Space. Foto tersebut menunjukkan daratan Bumi sebelum dan sesudah terkena Badai Harvey.

Banjir bandang yang terjadi setelah badai Harvey disebut setara dengan bencana Katrina yang terjadi pada 2005 lalu. Peristiwa ini merupakan bencana alam paling merugikan dalam sejarah Amerika Serikat, kata Insurance Information Institute seperti dikutip Reuters.

Setelah memicu air pasang setinggi 60 cm di Houston, Badai Harvey yang menerjang pantai Texas dalam kekuatan Kategori 4 tetapi kini berubah menjadi badai tropis, dalam beberapa ke depan masih akan menerjang Texas Tenggara dan menaikkan muka air sampai 60 cm.

Teknologi Siri Bantu Selamatkan Seorang Remaja

Asisten virtual Siri milik Apple kabarnya menyelamatkan seorang remaja Texas yang menjadi korban Badai Harvey. Remaja tersebut menderita kelainan genetika anemia sel sabit (kondisi tidak adanya sel darah merah yang sehat).

Remaja ini mencoba memanggil 911, tapi tak terjawab dan bahkan usahanya untuk menghubungi orang di Instagram juga gagal. Kemudian, ia akhirnya memilih untuk beralih ke Siri demi mendapatkan bantuan.

"Aku seperti, 'Siri cukup pinta! Biarkan saya bertanya padanya!" kata Tyler seperti dikutip dari Daily Star.

"Siri, call the Coast Guard," katanya kepada asisten besutan Apple karena sel darah merahnya menyumbat pembuluh darahnya, sehingga mencegah oksigen mencapai bagaian tubuhnya.

Menurut National Institutes of Health, rasa sakit pada keadaan darurat sel sabit bisa lebih buruk dibandingkan yang dialami saat persalinan. Dr.Titilope Fasipe, ahli hematologinya di Rumah Sakit Anak Texas mengatakan, Tyler menderita trauma dan terpapar flu, keduanya diketahui memicu krisis medis.

(ahl)

Baca Juga

Yuk! Kenali Osilasi Madden Julian si Pembawa Hujan

Yuk! Kenali Osilasi Madden Julian si Pembawa Hujan