Jempol! AS Keluarkan Pedoman Baru soal Pengembangan Mobil Swakemudi, Seperti Apa?

Agregasi Antara, Jurnalis · Rabu 13 September 2017, 10:12 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 13 57 1774798 jempol-as-keluarkan-pedoman-baru-soal-pengembangan-mobil-swakemudi-seperti-apa-KKl3wl5mzU.jpg (Foto: Ford)

SAN FRANCISCO - Mobil swakemudi memang tengah digeber pembuatannya. Demi mempromosikan teknologi terbaru itu, pemerintah Amerika Serikat (AS) mengeluarkan panduan terbaru soal pengembangannya.

"Negara kami berada di ambang salah satu inovasi yang paling menarik dan penting dalam sejarah transportasi," kata Menteri Transportasi Amerika Serikat (AS) Elaine Chao dalam konferensi pers di University of Michigan yang dilansir AFP, Rabu (13/9/2017).

"Kami termotivasi atas potensi teknologi otomatis yang mengubah mobilitas, membentuk transportasi, dan merevolusi keamanan," kata Chao.

Chao mengatakan bahwa pedoman itu mendorong kemajuan perusahaan mobil dan teknologi, sekaligus membiarkan konsumen menjadi penentu seberapa cepat otomatisasi kendaraan berlangsung di Amerika.

Tak hanya itu, ia juga menjelaskan bahwa teknologi swakemudi itu bisa mengurangi kecelakaan dan memperbaiki mobilitas bagi lansia dan kaum difabel.

Panduan baru, yang didasarkan pada peraturan di bawah pemerintahan Obama, fokus pada sistem parkir mandiri dan sistem pengereman otomatis yang sudah tersedia di mobil swakemudi.

Di samping itu, pedoman tersebut menjelaskan peraturan yang mengizinkan lebih banyak kegiatan pengujian kendaraan dan pengaturan peraturan pemerintah federal dan negara bagian.

"Panduan ini sangat membantu dalam memajukan keselamatan di jalan dan pengujian yang aman, sekaligus memberikan kejelasan mengenai peran negara," kata kelompok perdagangan tersebut.

Namun lembaga pengawas konsumen di Amerika tetap memperingatkan potensi kecelakaan. Pengumuman tersebut disampaikan pada Badan Keselamatan Transportasi Nasional (NTSB) yang meluncurkan temuan, kecelakaan fatal pada Mei 2016 di Florida disebabkan kelalaian pengemudi terkait autopilot Tesla yang mengalami kerusakan sistem.

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini