8 Fitur iPhone X Ini Disebut 'Jiplak' Android, Apa Saja?

8 Fitur iPhone X Ini Disebut 'Jiplak' Android, Apa Saja?

(Foto: CNet)

JAKARTA – iPhone besutan Apple hampir selalu hadir dengan fitur yang menggebrak vendor lainnya. Sebut saja asisten digital yang hadir di iPhone melalui Siri atau hilangnya fitur jack headphone 3,5mm dan digantikan dengan perangkat nirkabel.

Namun siapa sangka kini Apple malah ‘menjiplak’ fitur yang lebih dulu ditawarkan oleh Android.

Sebagaimana diketahui, jajaran iPhone kini telah bertambah. iPhone 8, 8 Plus dan iPhone X secara resmi diluncurkan Apple dalam ajang tahunannya. iPhone X sendiri menjadi flagship spesial yang menandai hari jadi iPhone ke-10.

Dikutip dari Tech Radar, berikut 8 fitur iPhone X yang menjiplak Android.

Pemindai wajah (Facial recognition)

Fitur ini merupakan salah satu fitur unggulan yang ditawarkan oleh iPhone X. Namun, fitur ini telah lebih dulu disematkan pada smartphone Android besutan Samsung. Selain itu, teknologi pemindai wajah juga telah banyak digunakan pada laptop melalui Windows Hello.

Meski bukan menjadi pelopor teknologi in, Apple didukung oleh perusahaan biometrik yang dibelinya pada awal tahun sehingga membantunya lebih unggul dari pesaing. Jika teknologinya lebih canggih dari Android, iPhone X akan menjadi smartphone paling aman yang tak mampu dibodohi dengan gambar seperti Samsung Galaxy Note 8.

Case Berbalut Kaca

Apple menggunakan material kaca sebagai pengganti logam untuk iPhone barunya. Rumor menyebutkan bahwa bahan ini akan membantu iPhone lebih terlihat premium. Material ini juga sebelumnya telah digunakan oleh LG G6 dan Samsung Galaxy.

Wireless Charging


Pengisian ulang baterai ponsel dengan menggunakan perangkat berkabel telah menjadi fitur yang relatif utama sekira lima tahun. Namun Apple ingin menjadi bagian dari vendor yang menghadirkan solusinya.

Meski wireless charging belum tentu menjadi cara untuk mengisi daya smartphone lebih cepat, fitur ini akan membawa iPhone tampil di depan bersama smartphone Android lainnya seperti LG V30 dan Samsung Galaxy Note 8.


Layar Bezel-less

Layar smartphone dengan bezel yang tipis telah menjadi fitur yang banyak digaungkan oleh berbagai vendor ponsel Android. Langkah ini juga rupanya ditempuh Apple melalui iPhone X.

Fitur ini sejatinya lebih dulu dipopulerkan oleh vendor Android seperti LG V30, Samsung Galaxy S8, Xiaomi Mi Mix serta Esensial.

Layar AMOLED

Apple telah menyajikan ponsel dengan layar yang apik selama bertahun-tahun. Namun banyak nya pesaing yang menggunakan layar AMOLED, mendorong Apple untuk juga menyematkan teknologi tersebut.

Diketahui, Asus telah menggunakan layar AMOLED melalui Zenfone Zoom 3. LG dan Samsung sendiri cukup getol membuat smartphone OLED besutannya ke pasaran, jauh sebelum Apple.

Augmented Reality (AR)

Integrasi AR merupakan hal yang relatif baru untuk smartphone. Lenovo dan Asus telah menyamatkan fitur tersebut yang ditujukan bagi pengguna mainstream. Tak ingin ketinggalan, kini Apple pun membekali iPhone X dengan dukungan tersebut.

Dual-Camera

iPhone X memang bukanlah smartphone pertama Apple yang mengusung fitur dual-camera. Sebagaimana diketahui, iPhone 7 Plus telah didukung kamera ganda yang mampu menghasilkan gambar nan apik.

Meski begitu, sejatinya sebelum Apple vendor Android lebih dulu mengadopsi teknologi tersebut. HTC menjadi pelopor smartphone dual-camera yang dirilis pada 2014, dan menginspirasi vendor lain untuk mengusung teknologi tersebut.

Tanpa Tombol Home Fisik

Untuk mengusung bezel tipis, vendor smartphone mau tak mau harus memangkas tombol home fisik yang telah lama menjadi bagian dari ponsel pintar. Tombol ini bahkan menjadi salah satu fitur penting bagi para pengguna iPhone.

 

Sebagai gantinya, pengguna iPhone X hanya perlu menggeser tampilan ke atas. Fitur ini lebih dulu diusung rival Apple yakni Samsung melalui Galaxy S8 dan menggantinya menjadi tombol home virtual. (lnm).

(kem)

Baca Juga

Pesaing iPhone X, Galaxy Note 8 Akhirnya Sapa Tanah Air

Pesaing iPhone X, Galaxy Note 8 Akhirnya Sapa Tanah Air