Mengapa Apple Menggunakan Nama iPhone X? Nih Penjelasannya!

Mengapa Apple Menggunakan Nama iPhone X? Nih Penjelasannya!

(Foto: The Verge)

JAKARTA - Apple baru saja mengumumkan iPhone X. Smartphone tersebut dihadirkan Apple khusus untuk menyambut hari ulang tahun ke-10 Apple di bisnis smartphone.

Dalam sesi presentasi Chief Design Officer Apple, Jonathan Ive, mengatakan bahwa iPhone X diucapkan sebagai iPhone Ten. Selain iPhone X, Apple juga mengumumkan dua model lain yakni iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Keduanya menjadi suksesor dari model iPhone 7 dan iPhone 7 Plus.

Sejak peluncuran tiga iPhone pada 12 September 2017 waktu Amerika Serikat, muncul pertanyaan ke manakah iPhone 9? Sayangnya, Apple sendiri masih belum mengungkapnya. Namun, situs The Verge yang dikutip Okezone, Kamis (14/9/2017) memiliki penjelasannya.

Berdasarkan situs tersebut, ada faktor trik pemasaran yang dilakukan oleh Apple. Untuk penamaan iPhone 8 sendiri memang digunakan sebagai pesaing dari Galaxy S8 dan Galaxy Note 8. Kabarnya smartphone tersebut dirumorkan bernama iPhone 7s dan 7s Plus. Namun Apple lebih memilih iPhone 8 sebagai gantinya.

Dari segi penamaan, iPhone 7S dan iPhone 7S Plus akan tampak lebih rendah di bawah Galaxy S8 dan Note 8 yang memiliki angka lebih tinggi. Angka telah menjadi petunjuk bagi kedua perusahaan sebagai gambaran teknologi dan kemampuan yang dimiliki.

Oleh karena itu Apple pun menggunakan nama iPhone 8 dan iPhone 8 Plus sebagai gantinya. Hal ini semata-mata agar kedua smartphone tersebut tak terkesan lebih rendah dari Galaxy S8 dan Note 8.

Sedangkan penamaan iPhone X membantu posisi perangkat tersebut berada di atas iPhone 8. Meski diucapkan sebagai iPhone Ten (sepuluh) namun Apple memilih menggunakan angka romawi yang kerap disebut 'Eks'. Tanpa memberi label secara eksplisit "iPhone 10", kebanyakan orang hanya akan menyebutnya iPhone X (eks), bukan iPhone 10.

Apple berusaha memberitahu konsumen bahwa iPhone X memiliki kemampuan yang lebih tinggi dari iPhone 8 tanpa memberikan label 'rendahan' dari angka yang digunakan. Trik ini sendiri telah dilakukan oleh Microsoft pada sistem operasi Windows.

Microsoft melakukan trik serupa untuk Windows 10. Raksasa perangkat lunak tersebut melewatkan Windows 9 dan langsung mengumumkan Windows 10. Hanya saja Microsoft melakukan hal ini untuk mendorong pengguna Windows 7 melakukan upgrade ke versi terbaru.

Apple sendiri memang telah menggunakan logo X dalam materi promosinya. Misalnya saja pada sistem operasi Mac OS X, OS X El Capitan, serta software Final Cut Pro X. Perbedaan yang tersamarkan itu membuatnya semakin jelas bahwa iPhone X adalah edisi khusus Apple untuk hari ulang tahunnya.

(kem)

Baca Juga

Wah! CEO Xiaomi Bertandang ke Indonesia, Mau Apa?

Wah! CEO Xiaomi Bertandang ke Indonesia, Mau Apa?