iPhone 8 dan iPhone X Bikin Keuntungan Apple di Q4 2017 Menurun, Kok Bisa?

iPhone 8 dan iPhone X Bikin Keuntungan Apple di Q4 2017 Menurun, Kok Bisa?

(Foto: BGR)

JAKARTA - Meski peresmian iPhone 8 dan iPhone X mendapatkan antusiasme dari Apple Fanboy, namun seorang analis menilai kedua model smartphone itu malah akan membuat keuntungan Apple di Q4 2017 anjlok.

Daniel Gleason, analis senior di Ovum, mengatakan ada dua jenis pembeli iPhone saat ini. Pertama ialah golongan yang akan menunda membeli smartphone baru untuk menunggu penjualan iPhone X pada 3 November mendatang.

Golongan lainnya yakni mereka yang akan membeli iPhone 8 dan iPhone 8 Plus namun tak segera membelinya. Golongan ini, kata Gleasson, masih menunggu harga penjualan iPhone X sebelum memutuskan mana yang akan dibeli.

Sebagai akibatnya, seperti dikutip dari Phone Arena, Kamis (14/9/2017), laporan fiskal Apple pada Q4 akan menurun sebagai imbas dari lambatnya penjualan iPhone X. Biasanya produsen asal Cupertino itu memang menjual seri iPhone pada bulan September.

Sehingga jika para pembeli menunggu kehadiran iPhone X, laporan fiskal di Q4 Apple akan lebih rendah dari laporan sebelumnya, di periode yang sama.

Gleason mengatakan dengan peluncuran iPhone 8 dan iPhone 8 Plus pada tanggal 22 September, Apple akan memiliki delapan hari penjualan untuk melaporkan fiskal di Q4. Biasanya, di periode tersebut Apple akan menghasilkan penjualan antara 10 juta sampai 12 juta handset iPhone.

Namun dengan beberapa pembeli yang menunggu kehadiran iPhone X di pasaran, analis ini memprediksi Apple akan memiliki separuh penjualan model iPhone baru untuk kuartal tersebut daripada biasanya.

Analis lain, Abhey Lamba, memiliki pandangan berbeda. Penjualan Apple akan meningkat pada 2018 berkaitan dengan iPhone 8 dan iPhone 8 Plus. Ini karena kedua model tersebut akan menerima pembaruan menggunakan layar OLED. Hal tersebut membuat konsumen Apple memilih seri tersebut dibandingkan iPhone X.

(kem)

Baca Juga

Wah! CEO Xiaomi Bertandang ke Indonesia, Mau Apa?

Wah! CEO Xiaomi Bertandang ke Indonesia, Mau Apa?