Diblokir Kominfo, Game Fight of Gods Tak Lagi Bisa Diakses

Diblokir Kominfo, Game Fight of Gods Tak Lagi Bisa Diakses

(Foto: Igg Games)

JAKARTA - Game Fight of Gods menuai kontroversi di berbagai negara. Pasalnya game ini menampilkan karakter nabi, tuhan, dan dewa untuk bertarung.

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengambil langkah dengan melayangkan surat kepada Steam - platform gaming penyedia game Fight of Gods pada 13 September.

"Kami, kemarin, sudah mengirim surat untuk segera dilakukan geo blocking untuk wilayah Indonesia," kata Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan kepada Okezone, Kamis (14/9/2017).

Ia juga mengancam akan memblokir distributor channel jika rekomendasinya tak diindahkan dalam tenggat waktu 2x24 jam. Sejauh ini, Steam belum memberikan tanggapannya kepada Kominfo.

“Kami masih menunggu. Kalau sampai besok tidak ada kabar, akan kami blok publisher-nya. Artinya semua game yang mereka publish tidak bisa didownload dari Indonesia” terangnya.

Berdasarkan pantauan Okezone, game Fight of Gods sendiri tak lagi dapat ditemukan di platform Steam. Artinya, game tersebut tak dapat diakses oleh pengguna. Hal ini juga dibenarkan oleh Plt Kepala Biro Humas dan Informasi Kemkominfo, Noor Iza.

“Sepertinya sudah di-takedown oleh penyedia game-nya,” katanya.

Meski begitu, pihak Steam sendiri belum memberikan tanggapan maupun keterangan resmi kepada Kominfo atas hilangnya game tersebut di platform-nya. “Jawaban dari mereka belum,” ujar Noor Iza.

Game Fight of Gods dinilai tak layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Sebagaimana diketahui, Indonesia merupakan bangsa yang beragama, sehingga tak layak untuk mempermainkan simbol-simbol agama yang berpotensi menimbulkan gesekan berbau SARA. (lnm).

(kem)

Baca Juga

Wah! CEO Xiaomi Bertandang ke Indonesia, Mau Apa?

Wah! CEO Xiaomi Bertandang ke Indonesia, Mau Apa?