Sah! Game Fight of Gods Diblokir di Indonesia

Sah! Game Fight of Gods Diblokir di Indonesia

(Foto: Techspot)

JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informarika (Kemkominfo) telah memproses pemblokiran untuk game kontroversial – Fight of Gods. Sesuai dengan permintan Kominfo, pada akhirnya game Fight of Gods tak lagi dapat diakses oleh pengguna melalui platform Steam.

Sebagaimana pantauan Okezone, game tersebut memang tak lagi ditemukan di Steam. Alhasil pengguna di Indonesia tak lagi dapat memainkannya.

Untuk diketahui, game Fight of Gods sendiri dipublikasikan oleh PQube. Kominfo meminta PQube untuk melakukan geoblocking terhadap pengguna di Indonesia.

“Mereka (PQube) sudah merespon bahwa ‘game is no longer available for sale in Indonesia’. Tadi jam 3 sore, jawabannya masuk,” kata Plt Kepala Biro Humas dan Informasi Kemkominfo, Noor Iza kepada Okezone, Kamis (14/9/2017).

Sebelumnya, Kominfo memberikan tenggat waktu 2x24 jam kepada PQube agar mengindahkan rekomendasinya untuk memblokir game Fight of Gods di Indonesia. Direktur Jenderal Aplikasi Informatika Kominfo Semuel Abrijani Pangerapan bahkan mengancam akan memblokir publisher tersebut jika dalam tenggat waktu itu tak memberikan tanggapan.

Dengan diberikannya tanggapan oleh PQube, artinya Kominfo tak perlu lagi menempuh langkah untuk memblokir publisher tersebut.

“Pihak PQube sebagai publisher dan service provider game nya sudah meresponse di bawah 2x24 jam dengan memblock sendiri dari akses pengguna di Indonesia,” terang Noor Iza.

Game Fight of Gods menimbulkan kontroversi karena menampilkan karakter nabi, tuhan dan dewa untuk bertarung. Beberapa negara seperti Malaysia dan Thailand juga menempuh langkah yang sama untuk melakukan pemblokiran.

Di Indonesia, game Fight of Gods dinilai tak layak untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Sebagaimana diketahui, Indonesia merupakan bangsa yang beragama, sehingga tak layak untuk mempermainkan simbol-simbol agama yang berpotensi menimbulkan gesekan berbau SARA. (lnm).

(kem)

Baca Juga

Wah! CEO Xiaomi Bertandang ke Indonesia, Mau Apa?

Wah! CEO Xiaomi Bertandang ke Indonesia, Mau Apa?