Perbandingan iPhone X vs Galaxy Note 8, Mana yang Lebih Baik?

Perbandingan iPhone X vs Galaxy Note 8, Mana yang Lebih Baik?

(Foto: TechnoBuffalo)

JAKARTA - iPhone X (ten) merupakan smartphone Apple yang memiliki layar terbesar. Sementara rivalnya, Samsung, memiliki Galaxy Note 8 yang juga memiliki desain nyaris tanpa bingkai. Keduanya menjadi smartphone yang berada di level premium.

Sama-sama menyajikan keunggulan, baik iPhone X dan Galaxy Note 8 pastinya dibekali dengan beragam komponen mumpuni. Untuk itu menarik jika melihat perbandingan keduanya. Seperti apa? Berikut rangkumannya yang dikutip dari Tech Radar, Kamis (14/9/2017).

Layar

iPhone X merupakan smartphone dengan desain nyaris tanpa bingkai pertama yang dihadirkan Apple. Perusahaan asal Cupertino, California itu kali ini menghilangkan tombol fisik yang berada di bagian depan. Hal yang sama juga dilakukan Samsung pada Galaxy Note 8.

iPhone X memiliki ukuran layar 5,8 inci dengan resolusi 1.125 x 2.436 piksel. Layar digunakan, tak lagi mengandalkan panel IPS. Apple telah menggantinya dengan layar OLED berteknologi Super Retina Display.

Sedangkan Galaxy Note 8 memiliki layar yang lebih luas yakni 6,3 inci beresolusi 1.440 x 2.960 piksel. Sama seperti iPhone X, Note 8 juga telah menggunakan layar OLED. Keduanya memang telah menggunakan fitur HDR. Namun iPhone X menambahkan kemampuan lain yakni 3D Touch dan True Tone.

Hardware

iPhone X dan Galaxy Note 8 semestinya memberikan performa yang mumpuni. Keduanya menggunakan prosesor terkini dengan titel terkencang saat ini. iPhone X menggunakan chipset hexa-core A11 Bionic yang menjadi penerus dari chispet A10 di iPhone 7.

Sedangkan Samsung Galaxy Note 8 menggunakan dua SoC berbeda, tergantung wilayah pemasaran. Khusus untuk kawasan Amerika Serikat, perusahaan asal Korea Selatan itu membekali Galaxy Note 8 dengan SoC Snapdragon. Sementara di kawasan lainnya Note 8 menggunakan SoC Exynos 8895.

Performa keduanya disokong oleh RAM yang terbilang lega. iPhone X mengandalkan kapasitas 3 GB, sedangkan Samsung didukung oleh RAM sebesar 6 GB.

Kamera

Dari segi kamera kedua smartphone sama-sama memiliki ketajaman 12 megapiksel. Keduanya juga menggunakan konfigurasi kamera ganda di bagian belakang. Perbedaan terletak pada angka bukaan apperture yakni pada Galaxy Note 8 f/1.7 dan f/2.4.

iPhone X memiliki bukaan f/1.8 dan f/2.4 untuk lensa bagian tele. Kedua smartphone telah dilengkapi penstabil guncangan atau OIS agar menghasilkan foto terbaik. Meski demikian, semakin kecil angka bukaan (f/) maka cahaya yang masuk akan semakin melimpah. Hal itu dapat diandalkan jika Anda berada di kondisi minim cahaya atau malam hari.

Sayangnya untuk urusan kapasitas baterai Apple tak sempat memberikan informasi lebih detail. Galaxy Note 8 sendiri menggunakan kapasitas 3.300 mAh dengan fitur fast charging 2.0.

(kem)

Baca Juga

Pesaing iPhone X, Galaxy Note 8 Akhirnya Sapa Tanah Air

Pesaing iPhone X, Galaxy Note 8 Akhirnya Sapa Tanah Air