Techno of The Week: NASA Temukan 3 Exoplanet Baru, Nih Penjelasannya!

Techno of The Week: NASA Temukan 3 Exoplanet Baru, Nih Penjelasannya!

(Foto: NASA)

JAKARTA - Badan Antariksa Amerika Serikat (AS) NASA kembali menemukan exoplanet baru. Exoplanet baru itu ditemukan NASA melalui misi Kepler yang dikenal dengan K2.

Kepler sendiri merupakan teleskop pemburu planet yang paling produktif. Pesawat luar angkasa itu hingga sekarang telah menemukan lebih dari 2.300 exoplanet.

Setelah mengalami kegagalan dua roda reaksi pada 2013, misi tersebut dikembalikan sebagai K2 untuk melakukan fotometri presisi tinggi pada bidang terpilih di ekloptika.

Sejak saat itu, pesawat luar angkasa Kepler yang telah dihidupkan kembali tersebut mendeteksi hampir 160 exoplanet. Kini, tim astronot yang dipimpin Joseph Rodriguez dari Harvard-Smithsonian Center for Astrophysics (CfA) di Cambridge, Massachusetts menemukan tiga exoplanet baru dari data yang dirilis oleh K2.

Pesawat luar angkasa Kepler mengamati bintang GJ 9827 dari Desember 2016 hingga Maret 2017, selama Campaign 12. Pengamatan ini memungkinkan tim untuk menemukan bahwa bintang kerdil terakhir tipe K yang berada didekatnya diorbit oleh tiga exoplanet asing.

Planet yang ditemukan itu diklasifikasikan sebagai Super Earth karena memiliki massa yang lebih tinggi dibanding bumi, namun lebih rendah dibandingkan planet gas di tata surya.

"Dalam makalah ini, kami menyajikan penemuan tiga planet transit yang mengorbit dekat dengan bintang GJ9827, menggunakan data dari misi K2," tulis para peneliti.

Terletak sekira 100 tahun cahaya dari Bumi, GJ 9827 adalah bintang terang tipe K6V spektral. Bintang ini memiliki radius sekira 0,63 jari-jari surya dan sekira 15% lebih kecil dibanding Matahari.

Para ilmuwan mengemukakan bahwa bintang tersebut dikelilingi oleh tiga planet yang diberi nama GJ 9827 B, C dan D, masing-masing berurutan 0,02, 0,04 dan 0,06 AU dari host.

Menurut makalah itu, GJ 9827 B memiliki radius 1.64 jari-jari Bumi namun massanya belum dapat dipastikan. Para peneliti memperkirakan bahwa massanya kemungkinan antara ,5 dan 4,26 massa Bumi.

Dengan radius 1.29 jari-jari Bumi dan massa diperkirakan sekira 2,5 massa Bumi, GJ 9827 C adalah planet terkecil dan kurang masif dari trio exoplanet yang baru ditemukan. Planet tersebut memiliki suhu ekuilibrium 774 K dan periode orbital 3,65 hari.

Sementara itu, GJ 9827 D kira-kira dua kali lebih besar dari Bumi dan setidaknya lima kali lebih masif dibanding planet manusia. Planet alien ini memiliki suhu ekuilibrium 648 K dan dibutuhkan 6,2 hari untuk mengorbit bintang induknya.

(din)

Baca Juga

Yuk! Kenali Osilasi Madden Julian si Pembawa Hujan

Yuk! Kenali Osilasi Madden Julian si Pembawa Hujan