OKEZONE INNOVATION: Yuk! Ketahui Perkembangan Printer Komputer yang Muncul Sejak 1938

Lely Maulida, Jurnalis · Jum'at 15 September 2017 18:27 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 15 56 1776823 okezone-innovation-yuk-ketahui-perkembangan-printer-komputer-yang-muncul-sejak-1938-NAdMvyCJX4.jpg (Foto: Shutterstock)

JAKARTA – Sejarah printer komputer dimulai pada tahun 1938 ketika Chester Carlson menemukan proses pencetakan kering  electrophotography atau biasa disebut Xerox, teknologi pondasi untuk printer laser selanjutnya.

Pada 1953, printer berkecepatan tinggi pertama dikembangkan oleh Remington-Rand untuk digunakan di komputer Univac. Printer laser original disebut EARS, dikembangkan oleh Xerox Palo Alto Research Center, yang dimulai pada 1969 dan selesai pada bulan November 1971.

Engineer Xerox, Gary Starkweather mengadaptasi teknologi fotokopi Xerox yang menambahkan sinar laser ke dalamnya untuk menghasilkan printer laser. Menurut perusahaan, Xerox 9700 Electronic Printing System, produk printer laser xerographic pertama, diluncurkan pada tahun 1977.


Xerox 9700 yang merupakan lanjutan dari printer EARS, yang dipelopori optik pemindai laser, merupakan produk pertama yang dipasarkan oleh PARC Research.

Tak hanya itu, perusahaan seperti IBM juga merilis sistem pencetakan pertama – IBM 3800 yang dipasang di kantor pusat akuntansi di data center Amerika Utara di Milwaukee, Wisconsin pada 1976. IBM 3800 Printing System adalah printer laser berkecepatan tinggi pertama di industri ini.

Printer itu mampu dioperasikan dengan kecepatan lebih dari 100 cetakan per menit. Menurut IBM, ini merupakan printer pertama yang menggabungkan teknologi laser dan elektrofotografi.

Sementara itu, tahun 1992 Hewlett Packard merilis LaserJet 4, printer laser pertama dengan resolusi 600 x 600 per inci.

Disisi lain, sejarah pencetakan populer melalui buku cetak paling awal yang terkenal yakni “Diamond Sutra”, yang dicetak di China tahun 868 CE. Namun diduga bahwa pencetakan buku mungkin telah terjadi jauh sebelumnya.

Jauh sebelum Johannes Gutenberg, pencetakan terbatas dalam jumlah edisi yang dibuat eksklusif untuk gambar dan desain. Bahan yang akan dicetak diukir menjadi kayu, batu dan logam digulung dengan tinta atau cat dan dipindahkan dengan tekanan ke parchment atau vellum. Buku sebagian besar dicetak oleh anggota religius ordo.

Gutenberg adalah seorang pengrajin dan penemu asal Jerman. Ia dikenal dengan pencetakan Gutenberg, mesin cetak inovatif yang menggunakan tipe yang mampu bergerak. Perangkat itu menjadi standar sampai abad ke-20. (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini