Ternyata! 'Otak' iPhone 8 dan iPhone X Dibuat saat Kelahiran iPhone 6

Ternyata! 'Otak' iPhone 8 dan iPhone X Dibuat saat Kelahiran iPhone 6

(Foto: Ubergizmo)

JAKARTA - Apple beberapa waktu lalu telah mengumumkan kehadiran model iPhone terbaru yakni iPhone 8, iPhone 8 Plus dan iPhone X. Meski memiliki perbedaan di sektor lainnya, namun ketiganya memiliki chipset yang sama, yakni Apple A11 Bionic.

Chipset A11 Bionic sendiri merupakan seri pertama yang dibuat dengan kemampuan hexa-core. Selain itu chipset tersebut juga membawakan teknologi baru yakni dibekali neural engine untuk pemindaian Face ID.

Tapi tahukah Anda bahwa chipset A11 Bionic memerlukan waktu pengerjaan hingga 3 tahun? Hal ini diungkapkan oleh SVP Worldwide Marketing Apple, Phil Schiller, dan SVP of Hardware Technology Apple, Johnya Srouji.

Dikutip dari Ubergizmo, Sabtu (16/9/2017) mereka mengungkap bahwa chipset A11 Bionic dikerjakan setelah Apple merilis iPhone 6 pada 2014 lalu. Saat itu Apple mulai mengembangkan kecerdasan buatan dan mesin pembelajar untuk disematkan di chipset tersebut.

"Saat itu, penyematan neural engine merupakan sebuah taruhan yang kami buat tiga tahun lalu," kata Srouji.

Selain itu kehadiran chipset A11 Bionic juga sempat terungkap pada sebuah alat pengukuran (benchmark) Geekbench. Saat itu otak pemrosesan itu terungkap hadir di beberapa model MacBook Pro. Meski demikian pada kenyataanya Apple malah menggunakan chipset A10 Fusion.

Pihak Apple beralasan, mereka sudah saatnya melihat masa depan dengan membuat solusi dari teknologi modern. "Kami berfikir ke depan. Saya akan katakan bahwa kita akan terbatasi, Itu semakin sulit," ungkap Srouji.

(kem)

Baca Juga

Wah! CEO Xiaomi Bertandang ke Indonesia, Mau Apa?

Wah! CEO Xiaomi Bertandang ke Indonesia, Mau Apa?