Waduh! Setelah Kamera Ganda, Layar Tanpa Bingkai Diyakini Menjadi Akhir Desain Smartphone

Waduh! Setelah Kamera Ganda, Layar Tanpa Bingkai Diyakini Menjadi Akhir Desain Smartphone

(Foto: GizBot)

JAKARTA - Selama 2017 ini, beragam model smartphone premium telah bermunculan. Sebagian besar dari mereka menerapkan tampilan layar nyaris tanpa bingkai atau disebut bezel-less. Sebut saja iPhone X, Mi Mix 2, Galaxy S8, Essential dan LG G6.

Semua smartphone di atas, berlomba menghadirkan desain yang sama yakni nyaris tanpa bingkai. Terlepas siapa yang lebih baik, bezel-less sendiri diyakini akan menjadi akhir dari desain smartphone.

Dikutip dari The Verge, Sabtu (16/9/2017), hal itu diprediksi oleh Philippe Starck, seorang desainer industri dan arsitek yang bekerja untuk desain Xiaomi Mi Mix dan Mi Mix 2. Ia juga sempat menjadi perancang kapal pesiar untuk Seteve Jobs.

"Semua bagian produksi kecerdasan manusia melalui strategi pengurangan. Semakin banyak material yang dikurangi. Begitupun dalam telefon. Ini berarti menuju bionik. Bionik adalah saat telefon dan komputer berada dalam tubuh anda. Dan dalam kasus ini tak ada lagi desain," kata dia.

"Karena itulah, hari ini, tugas seorang perancang ​​seperti saya dengan ​​seperti Xiaomi, terus mengalami kekurangan dan kekurangan sampai hal tidak memungkinkan," lanjut Starck.

Meski dapat menjadi tantangan bagi orang yang berprofesi sebagai desainer, Starck mengaku bahwa hal itu memang tak dapat dihindari.

"Tak ada pilihan. Tak ada orang yang mengusulkan karena hal ini sudah tepat saat ini. Anda tidak perlu berbicara bukti. Semua orang tahu di sekitar meja akan ada smartphone dengan layar berukuran penuh," ia meyakinkan.

​​

(kem)

Baca Juga

Wah! CEO Xiaomi Bertandang ke Indonesia, Mau Apa?

Wah! CEO Xiaomi Bertandang ke Indonesia, Mau Apa?