Ongkos Produksi iPhone X Lebih Murah 59% dari Harga Jual, Nih Bocorannya!

Ongkos Produksi iPhone X Lebih Murah 59% dari Harga Jual, Nih Bocorannya!

(Foto: Phone Arena)

JAKARTA - iPhone X merupakan seri tertinggi di antara dua iPhone 8 yang dirilis pada 12 September 2017 lalu. Oleh karena itu tak heran harga jualnya pun lebih besar dibandingkan keduanya.

Namun, pemerhati industri asal China kabarnya telah melakukan investigasi dan menjumlahkan total ongkos komponen yang digunakan Apple pada iPhone X.

Mengutip halaman Phone Arena, Sabtu (16/9/2017), estimasi ongkos produksi iPhone X berkisar 59% lebih rendah dari harga jualnya. Dilaporkan bahwa iPhone X dibanderol seharga USD999, padahal untuk membuatnya hanya memerlukan biaya sebesar USD412,75 untuk versi 64 GB.

Baca juga: Ternyata! 'Otak' iPhone 8 dan iPhone X Dibuat saat Kelahiran iPhone 6

Dari sekian banyaknya komponen yang digunakan Apple, layar OLED bikinan Samsung diketahui menjadi yang paling mahal. Layar tersebut memiliki ukuran 5,8 inci dan dibekali teknologi Super Retina Display. Harga per unit layar yang dibayar Apple ke Samsung ialah USD80.

Bahkan sumber lain mengatakan bahwa harganya dipatok lebih tinggi sekira USD100 hingga USD120 per unit.

Selain layar, ada beberapa komponen lain yang digunakan oleh Apple pada iPhone X. Seperti misalnya chipset A11 Bionic seharga USD26, modem buatan Qualcomm (USD18), sensor 3D Face ID (USD25), dan panel kaca depan (USD18).

Ada pula komponen lain seperti memori NAND dari Toshiba seharga USD45 (256 GB), RAM 3 GB seharga USD24 per unit dan komponen lainnya yang tak dijelaskan lebih rinci.

Sebagai perbandingan, terdapat pula perbedaan ongkos produksi dari model smartphone lainnya. Misalnya saja Samsung Galaxy S8 menelan ongkos produksi sebesar USD307,50 dan dijual sekira USD730, serta iPhone 7 yang diproduksi seharga USD224,80 dan dijual USD649.

Baca juga: Kocak! Beredar Topeng Pelindung iPhone X, untuk Apa?

(kem)

Baca Juga

Pesaing iPhone X, Galaxy Note 8 Akhirnya Sapa Tanah Air

Pesaing iPhone X, Galaxy Note 8 Akhirnya Sapa Tanah Air