Ternyata! Perusahaan China Ini Tertarik Beli Spotify Lho

Ternyata! Perusahaan China Ini Tertarik Beli Spotify Lho

(Foto: Android Authority)

NEW YORK - Spotify disebut menolak kesempatan untuk menjual dirinya ke perusahaan teknologi besar China Tencent awal tahun ini senilai USD380 miliar.

Tencent dikatakan telah mendekati Spotify dengan maksud untuk mengakuisisi perusahaan tersebut demi memperluas bisnis musiknya yang sedang berkembang di luar China dan Asia.

Tak diketahui, apakah pembicaraan sampai pada titik di mana sebuah harga dibicarakan antara keduannya. Sementara itu, menurut laporan Tech Crunch, Minggu (17/9/2017) baik Tencent dan Spotify enggan berkomentar terkait hal tersebut.

Spotify sendiri menjelma sebagai layanan streaming musik teratas di seluruh dunia, dengan lebih dari 140 juta pengguna aktif dan 60 juta pelanggan yang membayar.

Perusahaan berusia 11 tahun yang dilaporkan bernilai USD13 miliar memiliki saingan berat di industri streaming musik yakni Apple Music.

Berbekal itulah, tampaknya tak sulit melihat bagaimana Spotify menarik perhatian Tencent, yang telah menghabiskan waktu pengembangan bisnis musiknya. Unit utamnya, Tencent Music, spin out setelah marger antara bisnis QQ Music dan China Music Corp tahun lalu.

Tencent Music dilaporkan berusaha mengumpulkan modal dari inverstor strategis dengan valuasi senilai USD10 miliar menjelang IPO yang direncanakan. Namun, di luar bisnis berbasis China, Tencent telah menjelajahi pasar dan segmen global.

Ia mengoperasikan Joox, sebuah layanan music streaming yang berhasil menarik pasar Asia Tenggara, di mana ia bersaing dengan Spotify dan lainnya. Tak ketinggalan ia juga melakukan investasi signifikan pada pembuat aplikasi karaoke Smule awal tahun ini.

(din)

Baca Juga

Wah! CEO Xiaomi Bertandang ke Indonesia, Mau Apa?

Wah! CEO Xiaomi Bertandang ke Indonesia, Mau Apa?