nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

BlackBerry Bakal Rancang Smartwatch untuk Saingi Samsung, Benarkah?

Lely Maulida, Jurnalis · Senin 18 September 2017 10:04 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 18 207 1777967 blackberry-bakal-rancang-smartwatch-untuk-saingi-samsung-benarkah-ko5zpukEaJ.jpg (Foto: Wearable World News)

WATERLOO – Meski tak lagi menggarap smartphone secara mandiri, BlackBerry rupanya masih berambisi untuk menyaingi vendor gadget lainnya. Kali ini BlackBerry dilaporkan berencana untuk juga memasuki industri perangkat wearable.

Salah satu pembuat jam tangan yang populer – Timex, dikabarkan telah menandatangani perjanjian lisensi paten BlackBerry. Timex akan sendiri melakukan pembayaran royalti atas BlackBerry untuk merancang sebuah perangkat.

Dilansir Phone Arena, Senin (18/9/2017), kabar terbaru menyebutkan bahwa Timex akan memiliki potofolio IP yang terdiri dari 40.000 hak paten. Kesepakatan paten termasuk komunikasi nirkabel, infrastruktur jaringan, acoustics, messaging, enterprise software, sistem operasi, virtualisasi dan keamanan cyber.

Spekulasi yang beredar menybutkan kedua perusahaan akan membuat smartwatch. Meski begitu kepemilikan IP BlackBerry, menunjukkan bahwa kesepakatan dengan Timex dapat dilakukan utnuk sejumlah produk yang berbeda. Sayangnya, kontrak antara kedua perusahaan baik produk atau paten terkait tak diungkapkan.

Corporate Communications Officer BlackBerry, Sarah McKinney juga mengatakan bahwa dirinya tak bisa menambahkan informasi rinci dalam siaran pers perusahaan.

Salah satu petunjuk ditemukan dari komentar yang dibuat oleh Senior Director of Intellectual Property Licensing BlackBerry, Jerald Gnuschke. Ia mengatakan bahwa kesepakatan perusahaan tersebut akan memungkinkan BlackBerry untuk fokus pada peluang lebih lanjut di pasar communication mobile.

"Perjanjian lisensi dengan Timex ini menunjukkan kekuatan portofolio paten BlackBerry, dan akan memungkinkan kami untuk fokus pada peluang lisensi paten lebih lanjut di pasar communication mobile," kata Jerald Gnuschke.

Industri perangkat wearable sendir sudah banyak digeluti oleh beberapa vendor. Sebut saja Apple dan Samsung yang telah merilis beberapa wearable ke pasaran. Jika BlackBerry memang berniat membuat smartwatch seperti yang dirumorkan, maka perusahaan harus siap bersaing dengan dua raksasa teknologi itu. (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini