Akhirnya! Fitur Bixby Bisa Dimatikan Gara-Gara Dikeluhkan Pengguna

Lely Maulida, Jurnalis · Senin 18 September 2017 17:31 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 18 57 1778296 akhirnya-fitur-bixby-bisa-dimatikan-gara-gara-dikeluhkan-pengguna-YgE9ilToEl.jpg (Foto: The Verge)

JAKARTA – Asisten digital Bixby tak dirilis berbarengan dengan Samsung Galaxy S8 ataupun S8+. Padahal, raksasa teknologi itu telah menyiapkan tombol khusus untuk Bixby.

Tak ayal banyak pengguna yang mengeluhkan tombol tersebut. Apalagi saat tombol itu tertekan dengan tidak sengaja.

Kabar baiknya, kali ini Samsung mengizinkan pengguna untuk menonaktifkan tombol Bixby, sampai batas tertentu, seperti dilansir SamMobile, Senin (18/9/2017).

Update Bixby kali ini menambahkan toggle baru yang memungkinkan pengguna untuk memutuskan apakah Bixby Home diaktifkan saat tombol khususnya di tekan atau tidak. Update ini juga bisa dikonfigurasikan dari menu pengaturan Bixby.

Usai melakukan pembaruan, pengguna akan melihat peralihan di atas Bixby Home. Pengguna dapat menekan ikon pengaturan Bixby untuk menyembunyikan toggle. Untuk mematikannya sangat sederhana, hanya dengan memindahkan toggle agar menjadi non aktif.

Bixby Home sendiri tidak sepenuhnya hilang, Pengguna masih bisa mengaksesnya dengan menggeser layar utama ke kiri. Tombol Bixby juga akan bekerja untuk memanggil Bixby Voice. Cukup dengan menekannya dan tahan sebentar, seperti yang biasanya dilakukan.

Implementasi update ini nampaknya belum dilakukan secara global. Kemungkinan perusahaan membutuhkan beberapa waktu agar update-nya tersedia untuk seluruh pengguna, baik Galaxy S8 maupun Note 8.

Sebelumnya banyak pengguna yang mengeluhkan tombol Bixby karena tak berjalan sesuai dengan tugasnya hingga Bixby Voice dirilis secara global. Saat belum dirilis, tombol khusus hanya bisa digunakan untuk Bixby Home.

Sebagian besar pengguna juga tak merasa perlu Bixby Home memiliki tombol khusus. Akhirya muncul sebuah aplikasi pihak ketiga yang dikembangkan untuk memungkinkan penggunakan memetakan ulang tombol Bixby sehingga bisa digunakan untuk menjalankan aplikasi yang diinginkan.

Namun Samsung bergegas menurunkan aplikasi tersebut karena mengganggu tujuan utama tombol utama yang dirancang Samsung.

Asisten Bixby sendiri dirilis Samsung untuk bersaing dengan asisten digital Siri milik Apple, dan Google Assistant. Samsung juga kabarnya akan menambahkan dukungan bagi aplikasi pihak ketiga agar bisa bekerja dengan Bixby. Hal ini dimaksudkan agar fungsi Bixby dapat digunakan ke aplikasi lain seperti membaca notifikasi maupun mengirim pesan.

Ada pun fitur yang membedakan Bixby dengan pesaingnya ialah kemampuannya yang dapat mengenali suatu benda melalui kamera. Saat kamera diarahkan pada sebuah benda, Bixby akan menghadirkan informasi mengenai benda yang dimaksud. (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini