nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Deretan Chipset yang Mendominasi Smartphone di Dunia, Apa Saja?

Lely Maulida, Jurnalis · Selasa 19 September 2017 11:45 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 19 207 1778721 deretan-chipset-yang-mendominasi-smartphone-di-dunia-apa-saja-DWGOlI6HVv.jpg (Foto: WCCF Tech)

JAKARTA – Beragam smartphone yang beredar di pasaran disokong dengan chipset dan berbagai teknologi pendukung lainnya. Beberapa perusahaan menawarkan chipset teknologi yang diklaim canggih dan inovatif untuk menyokong perangkat yang kini banyak digunakan pengguna.

Namun tahukah Anda chipset mana yang banyak digunakan di smartphone? Dalam laporan yang dirilis oleh  Device Atlas mengungkapkan Mobile Web Intelligence Report-nya untuk kuartal kedua 2017. Laporan ini mencakup berbagai kategori seperti chipset dan GPU yang paling banyak digunakan dan jumlah RAM standar pada perangkat.

Data tersebut diperoleh dari traffic ke ribuan situs dan terbatas pada kuartal kedua tahun ini. Beberapa hasil yang terlampir cukup membuat orang terkejut.

Device Atlas mengungkapkan bahwa chipset yang paling banyak digunakan adalah Qualcomm. Perusahaan analis itu juga menambahkan bahwa Snapdragon 410 merupakan chip yang ditemukan pada mayoritas ponsel Android. Chipset ini diketahui tersemat pada smartphone Lenovo K3, Honor 4 Play, dan Galaxy A3.

Chip ini memang paling banyak digunakan secara global, namun bukan menjadi chipset jajaran teratas di wilayah seperti Amerika Serikat (AS) atau Inggris. Pasalnya, chipset milik Apple berkuasa di wilayah tersebut dengan Snapdragon 9 (SDM 820) yang masuk di posisi ke-4 di AS.

Meski Snapdragon terbilang banyak digunakan, ada negara yang rupanya lebih gemar menggunakan MediaTek. Adapun Nigeria yang menjadi satu-satunya negara dengan penggunaan smartphone yang didominasi oleh chipset MediaTek ketimbang Qualcomm.

Dari segi RAM, laporan menyebutkan bahwa perangkat dengan RAM 512MB, 1GB dan 2GB masih sangat populer berkat perangkat Apple yang umumnya memiliki RAM lebih sedikit.

Sementara itu beberapa ponsel Samsung lawas tercatat jumlahnya meningkat. Kolombia, Nigeria, Rusia, Brasil dan Mesir adalah negara dengan ponsel 500MB tertinggi. Untuk RAM 4GB dan ponsel high-end banyak ditemukan di Australia, Swedia dan Amerika Serikat.

Dari sisi GPU, Andreno menjadi perangkat yang paling umum digunakan. Namun di wilayah-wilayah seperti AS dan Inggris dimana iPhone mendominasi, PowerVR besutan Imagination Technologies lah yang memimpin.

Device Atlas mengatakan Android masih memiliki pangsa pasar terbesar yang berada di urutan teratas dalam 60 pasar utama. Meski perangkatnya meningkat di beberapa pasar, perangkat Androin tercatat menurun selama dua kuartal terkair di negara-negara seperti AS.

Laporan itu juga menyebutkan Samsung Galaxy S7 sebagai smartphone yang paling banyak digunakan di dunia. Sementara rivalnya, iPhone 6 merupakan model iPhone yang paling banyak digunakan. Demikian seperti dilansir Gizmochina, Selasa (19/9/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini