Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Reputasi Samsung Anjlok Gara-Gara Bos Perusahaan Terjerat Hukum, Benarkah?

Lely Maulida, Jurnalis · Selasa 19 September 2017 17:03 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 19 207 1778984 reputasi-samsung-anjlok-gara-gara-bos-perusahaan-terjerat-hukum-benarkah-JZWqYjI8em.jpg (Foto: Reuters)

SEOUL – Samsung dengan sederet prangkat canggihnya manjadikan perusahaan sebagai raksasa teknologi yang populer di berbagai negara. Namun dibalik kesuksesannya, perusahaan tengah dilanda duka akibat Vice Chairman Samsung Electronics, Lee Jae-yong ditangkap awal tahun ini.

Ia ditangkap dengan tuduhan terkait korupsi hingga penggelapan uang. Lee Jae-yong kemudian didakwa, dihukum dan dijatuhi vonis setelah diadili oleh pengadilan. Masalah hukum tersebut nampaknya berdampak pada reputasi Samsung Electronics.

Lee dinyatakan bersalah dan terlibat dalam skandal korupsi yang juga menyebabkan impeachment presiden Korea Selatan, Park Geun-hye awal tahun ini. Bos Samsung itu divonis hukuman lima tahun penjara. Namun tim kuasa hukumnya berniat untuk mengajukan banding.

Baca: Ketuk Palu! Dijerat Hukuman 5 Tahun Penjara, Bos Samsung Bakal Ajukan Banding

Reputation Institute yang berbasis di AS, telah merilis laporan baru yang menunjukkan bahwa ranking Samsung dalam hal tanggung jawab sosial perusahaan telah menurun 69 tempat.

Reputation Institute sendiri menetapkan peringkat ini berdasarkan struktur tata kelola perusahaan, pengaruh sosial dan perlakukan terhadap karyawan. Perusahaan asal Korea Selatan itu kini berada di posisi 89 dalam daftar yang dirilis Reputation Institute, seperti dilansir SamMobile, Selasa (19/9/2017).

Diantara 100 perusahaan teratas yang termasuk dalam daftar itu, Samsung mendapati penurunan peringkat reputasi yang cukup tajam dari tahun ke tahun. Pengamat industri berpendapat bahwa hal itu kemungkinan ada kaitannya dengan penangkapan Lee Jae-yong.

Baca juga: Duh! Bos Samsung Dituntut 12 Tahun Penjara, Saham Perusahaan Menyusut


Lembaga itu juga berpendapat bahwa recall Galaxy Note 7 pada akhir tahun lalu kemungkinan juga turut memperngaruhi reputasi Samsung secara keseluruhan.

Hukuman lima tahun merupakan salah satu hukuman terpanjang yang diberikan kepada pemimpin bisnis Korea Selatan, dimana mereka turut membantu mengubah negara yang sempat dilanda perang ekonomi global. Namun mereka belakangan dikritik karena menahan ekonomi dan usaha kecil serta startup.

Baca juga: Cacat Baterai Sebabkan Galaxy Note 7 Meledak

Usai Galaxy Note 7 Meledak, Bos Samsung Mobile Minta Maaf

Lee sendiri telah secara efektif mengarahkan operasional perusahaan sejak ayahnya, Lee Kun-hee, lumpuh akibat serangan jantung pada tahun 2014. Perusahaan membentuk sekitar 30 persen dari nilai pasar indeks saham KOSPI Korea Selatan.


Meski begitu, pertumbuhan saham perusahaan terbilang baik. Namun salah satu analis tak lama setalah bos Samsung divonis menyatakan ragu pertumbuhan bisnis Samsung di masa mendatang dengan ketidakhadiran Lee yang kemungkinan akan berdampak pada perusahaan meski tidak diketahui kapan hal tersebut terjadi. (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini