Ada-Ada Saja! Huawei Sindir Apple soal Kegagalan FaceID

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Selasa 19 September 2017, 18:30 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 19 207 1779063 ada-ada-saja-huawei-sindir-apple-soal-kegagalan-faceid-FZOlcwTRnv.jpg (Foto: Phone Arena)

JAKARTA - Insiden gagalnya FaceID saat sesi presentasi peluncuran iPhone X beberapa waktu lalu, disindir oleh kompetitor Apple asal China, Huawei. Produsen smartphone itu menyindir kegagalan Apple melalui sebuah video pendek.

Di video tersebut tampak animasi sesosok badut yang sedang dipindai menggunakan sensor pengenal wajah. Namun ternyata sensor itu gagal mengenali wajah sang badut dan memberikan pesan "Gagal. Coba lagi".

Dikutip dari Phone Arena, Selasa (19/9/2017), video ejekan Huawei itu diunggah melalui akun Facebook perusahaan, Huawei Mobile. Di akhir tayangan video, tertulis "#TheRealAIPhone 16.10.17".

Baca juga: Ongkos Produksi iPhone X Lebih Murah 59% dari Harga Jual, Nih Bocorannya!

Diduga video itu diunggah sebagai bocoran dari peluncuran smartphone terbaru Hauwei, Mate 10. Smartphone ini memang dirumorkan akan diperkenalkan pada Oktober mendatang. Mate 10 dikabarkan membawa desain layar penuh alias bezel-less.

Di dalamnya tersemat chipset Huawei terbaru, Kirin 970 yang disebut membawakan teknologi kecerdasan buatan (AI). Hal ini semakin jelas bahwa video itu memang untuk menyindir teknologi neural network di chip A11 Bionic iPhone X.

Huawei sesumbar bahwa teknologinya itu bakal lebih baik dari yang dimiliki oleh Apple saat ini. Perusahaan itu merancang EMUI 5.0 Android dengan bantuan mesin kecerdasan untuk menganalisa kebiasaan pengguna.

Sistem lalu akan membuat analisis bagaimana sumber dalam perangkat bisa menyediakan pengalaman yang lebih baik kepada pengguna. Sistem juga dapat merekam kebiasaan pemasangan aplikasi soal seberapa sering pengguna menggunakan aplikasi tersebut.

Ejekan Huawei berawal saat sesi presentasi FaceID di iPhone X oleh Craig Federighi, Senior VP of Software Engineering Apple, saat menguji coba kemampuan pengenalan wajahnya. Namun sayangnya, ia sempat gagal melakukannya.

Belakangan diketahui bahwa saat itu iPhone X yang digunakan oleh Federighi bukan yang diatur dengan pengenalan wajah dirinya sehingga hanya menggunakan password.

Baca juga: Nih! Daftar 5 Smartphone Tanpa Bingkai Selain iPhone X

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini