Izin Uber Dicabut, 420 Ribu Orang London Ajukan Petisi, untuk Apa?

Lely Maulida, Jurnalis · Sabtu 23 September 2017 16:21 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 23 207 1781592 izin-uber-dicabut-420-000-orang-london-ajukan-petisi-untuk-apa-IfHlwiFKt0.jpg (Foto: Reuters)

LONDON – Ratusan ribu orang di London telah menandatangani sebuah petisi. Petisi tersebut meminta agar aplikasi ride-sharing Uber diizinkan untuk beroperasi di ibukota.

Sebagaiman diketahui, otoritas transportasi di London - Transport for London (TfL) mengatakan bahwa pihaknya tidak akan memperbarui lisensi perizinan Uber setelah menemukan bahwa perusahaan tidak sesuai dan tidak tepat untuk dipertahankan.

Namun rupanya hal ini tak ditolak oleh pengguna. Pada Sabtu (23/9/2017), sebuah petisi di Change.org telah mengumpulkan lebih dari 420.000 orang yang ingin Uber tetap beroperasi di London.

Baca: Uber Tak Diizinkan Beroperasi di London, Ini Alasannya

Waduh! Uber Terkena Kasus Suap di Indonesia

Petisi itu mengatakan “3,5 juta orang London yang mengandalkan Uber untuk mendapatkan perjalanan yang aman, dapat diandalkan terjangkau di sekitar kota di dunia, akan tercengang dengan keputusan larangan Uber dari London”.

Dilansir Sky, larangan ini menunjukkan kepada dunia bahwa London tidak terbuka dan menutup bagi perusaan inovatif, yang memberikan pilihan kepada konsumen dan kesempatan kerja bagi mereka yang membutuhkannya.

TfL telah menyatakan bahwa aplikasi itu telah menunjukkan tanggungjawab yang kurang atas perusahaan sehubungan dengan sejumlah isu yang memiliki potensi implikasi keselamatan dan keamanan publik. Mereka juga menyoroti kasus pidana dan penggunaan aplikasi Greyball oleh Uber yang menurutnya dapat digunakan untuk menghalangi reguator.

General Manager Uber di London, Tom Elvidge mengatakan bahwa larangan tersebut telah membatasi pilihan bagi konsumen. Jika keputusan ini berlaku, maka lebih dari 40.000 pengemudi berlisensi terancam “dirumahkan” dan orang London kehilangan bentuk transportasi yang nyaman serta terjangkau.

“Untuk mempertahankan mata pencaharian semua pengemudi tersebut dan pilihan jutaan orang London menggunakan aplikasi kami, kami berniat untuk segera mengajukan laporan ke pengadilan,” katanya.

Baca juga: Uber Hentikan Fitur Lacak Pengemudi, Kenapa?

Waduh! Driver Uber 'Sengaja' Merugikan Penumpang dengan Cara Ini!

James Farrar, ketua Independent Workers' Union of Great Britain's United Private Hire Drivers juga mengatakan bahwa para driver kehilangan pekerjaan dan dibebani hutang kendaraan yang harus mereka tanggung.

Lisensi Uber sendiri di London telah berlangsung pada tahun 2012. Perusahaan sejak saat itu berkembang dengan pesat dan menjadi pesaing taksi konvensional. Pada Mei lalu ijinnya diperbarui oleh TfL namun hanya untuk jangka waktu empat bulan. Namun ditengah penolakan dan ancaman dari serikat GMB dan Asosiasi Pengemudi Berizin lisensi Uber tak lagi diperpanjang dan akan berakhir pada 30 September 2017. (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini