Mark Zuckerberg Lepas Saham Facebook Senilai Rp169 Triliun, untuk Apa?

Tachta Citra Elfira, Jurnalis · Minggu 24 September 2017, 15:35 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 24 207 1782036 mark-zuckerberg-lepas-saham-facebook-senilai-rp169-triliun-untuk-apa-FlAuEAkqvL.JPG Foto : USA Today

CALIFORNIA – Kabar mengejutkan datang dari Mark Zuckerberg. Bos Facebook itu mengumumkan rencana menjual saham jejaring media sosial raksasanya itu sebesar 18% atau sekira USD12,75 miliar (Rp169,575 triliun) dalam waktu 18 bulan ke depan.

Melansir CNBC yang dikutip dari Sindonews, Minggu (24/9/2017), Zuckerberg berencana mengakselerasi rencana tersebut dalam jangka pendek. Tujuannya adalah untuk mendanai kegiatan amalnya dalam Chan Zuckerberg Initiative yang dibentuk bersama sang istri Priscilla Chan.

Dalam akun Facebook resminya, Zuckerberg menulis di statusnya akan menjual 35 juta hingga 75 juta saham Facebook dalam 18 bulan ke depan.

Baca Yuk:  Daftar Game Sepakbola Terbaik di Android, Apa Saja?

Langkah itu diambil setelah pria kelahiran White Plains, New York tersebut batal mengubah struktur saham Facebook karena digugat para pemegang sahamnya.

Para ahli juga menilai Zuckerberg tengah mencoba menyelamatkan dirinya sendiri sebelum menghadiri sidang di pengadilan pada pekan depan. Bapak dua anak itu digugat para pemegang saham Facebook yang tak senang dengan reklasifikasi (pemecahan transaksi) saham yang dikeluarkannya.

Para investor Facebook mengatakan, Zuckerberg hanya memikirkan kepentingan pribadi, bukan kelompok. Mewakili sejumlah pemegang saham Facebook dalam kasus ini, Stuart Grant dari Gran & Eisenhofer mengatakan keputusan Zuckerberg untuk membatalkan perubahan struktur saham merupakan kemenangan besar baginya.

“Kami sangat senang Facebook tidak jadi melakukan reklasifikasi saham,” ungkap Grant kepada Financial Times.

Baca Yuk: Techno Trick: Intip Status WhatsApp Tanpa Diketahui Pengguna, Nih Caranya!

Diharapkan, nilai saham Facebook juga akan segera mencair. Kenaikan harga saham juga akan memberikan kesempatan pada Zuckerberg untuk mengejar misi filantropisnya.

Hingga 20 tahun mendatang pun, Zuckerberg akan tetap menguasai Facebook. Sejak rencana filantropi itu diumumkan pada April tahun lalu, saham Facebook telah naik lebih dari 50%. Pada nilai perdagangan Jumat 22 September, saham Facebook ditutup senilai USD170,54 per lembar saham. Harganya sedikit terkoreksi setelah ada pengumuman tersebut.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini