Wih! Menkominfo Tekankan Pentingnya Digitalisasi untuk Perekonomian Dunia

Lely Maulida, Jurnalis · Senin 25 September 2017, 15:33 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 25 207 1782570 wih-menkominfo-tekankan-pentingnya-digitalisasi-untuk-perekonomian-dunia-YFphacaufG.jpeg (Foto: Kominfo)

JAKARTA – Menteri Komunikasi dan Informatika, Rudiantara menjadi keynote speech dalam gelaran ITU Telecom World 2017. Penentuan ini berdasarkan dari permintaan Sekjen ITU, Mr. Houlin Zhou kepada Rudiantara untuk membuka acara tersebut.

Dalam pidatonya menteri yang akrab disapa Chief RA tersebut menyampaikan pentingnya digitalisasi dan model bisnis digital sebagai solusi bagi perbaikan perekonomian dunia. Berdasarkan data dari World Economic Forum 2015, kesenjangan ekonomi di seluruh dunia semakin meluas. Hal ini disebabkan oleh kapitalisasi model bisnis tertentu yang menyebabkan distribusi ekonomi tidak merata.

Perluasan kesenjangan ekonomi sendiri dapat menyebabkan permasalahan sosial-ekonomi di tengah masyarakat hingga menjadi ancaman dalam kestabilan politik dan beban terhadap pelayanan sosial, demonstrasi, radikalisme, hingga terorisme.

Digitalisasi telah terbukti mampu memberikan dampak positif, dengan menggerakkan output ekonomi dunia yang bertambah USD193 miliar melalui job creation.

Dijelaskan Chief RA, agar digitalisasi benar-benar berpengaruh positif, beberapa hal perlu dilakukan yakni mengarahkan digitalisasi untuk penguatan dan pemberdayaan UMKM termasuk dengan skema bisnis shared economy.

Poin kedua yang ditekankan RA yakni mengangkat UMKM di wilayah under-served dengan model bisnis yang disruptif, dan penyediaan konektivitas yang mumpuni.

Tak hanya itu, Chief RA juga menyerukan himbauan kepada negara anggota ITU untuk memulai gerakan global menangani kesenjangan kesejahteraan.

“Kami mengajak agar Negara anggota ITU memulai gerakan global guna menangani kesenjangan kesejahteraan masyarakat termasuk kesenjangan pendapatan masyarakat di Negara manapun ekonomi di seluruh dunia” terangnya dalam keterangan tertulis yang diterima Okezone, Senin (25/9/2017).

Disisi lain Menkominfo juga menyampaikan dua solusi mengatasi permasalahan tersebut yakni dengan mengadaptasi model bisnis digital secara cepat serta menerapkan jalur cepat dalam pembangunan infrastruktur telekomunikasi bagi wilayah under-served. Pada kesempatan tersebut, Chief RA tak hanya berbicara didepan berbagai pemimpin dunia, namun juga para pemangku kepentingan petinggi perusahaan, perwakilan negara ITU serta pelaku startup. (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini