Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Pesaing iPhone X, Galaxy Note 8 Akhirnya Sapa Tanah Air

Agregasi Antara, Jurnalis · Senin 25 September 2017 16:51 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 25 57 1782634 pesaing-iphone-x-galaxy-note-8-akhirnya-sapa-tanah-air-f1V0KiMYqI.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

JAKARTA - Samsung Indonesia resmi memboyong Galaxy Note 8 ke Tanah Air, menghadirkan versi RAM 6GB dan kapasitas penyimpanan internal 64GB. Handset itu sebelumnya disebut-sebut bersaing dengan ponsel Apple keluaran terbaru, iPhone X.

"Samsung berkomitmen untuk dapat selalu menghadirkan teknologi yang dapat memberikan makna lebih. Kehadiran Galaxy Note 8 mendukung penggunanya untuk mencoba dan menciptakan inovasi baru dalam pekerjaan dan minat mereka," kata Presiden Samsung Electronics Indonesia, Jae Hoon Kwon, dalam peluncuran di Jakarta, Senin.

Samsung hanya membawa Galaxy Note 8 berkapasitas internal 64GB untuk pasar Indonesia. Kapasitas ponsel dapat diperluas dengan kartu memori hingga 256GB.

Kepala Manajemen Produk, TI dan Bisnis Mobile, Samsung Electronics Indonesia, Denny Galant, berpendapat kapasitas sebesar itu, ditambah dengan kartu memori, cukup untuk memenuhi kebutuhan konsumen Indonesia.

Samsung membawa Note 8 ke Indonesia hanya berjarak sebulan dari peluncuran global di New York.

Pemesanan Galaxy Note 8 di Indonesia dibuka pada 8-18 September dan akan tersedia mulai 28 September mendatang.

Samsung akan menjual flagship ini perdana secara langsung pada 29 September di beberapa kota, antara lain di Lotte Shopping Avenue, Jakarta dan Pakuwon Mall, Surabaya.

Berikut ini merupakan komparasi dari kedua handset anyar tersebut. Dilihat dari sisi layar, hardware dan kamera.

Layar

iPhone X merupakan smartphone dengan desain nyaris tanpa bingkai pertama yang dihadirkan Apple. Perusahaan asal Cupertino, California itu kali ini menghilangkan tombol fisik yang berada di bagian depan. Hal yang sama juga dilakukan Samsung pada Galaxy Note 8.

iPhone X memiliki ukuran layar 5,8 inci dengan resolusi 1.125 x 2.436 piksel. Layar digunakan, tak lagi mengandalkan panel IPS. Apple telah menggantinya dengan layar OLED berteknologi Super Retina Display.

Sedangkan Galaxy Note 8 memiliki layar yang lebih luas yakni 6,3 inci beresolusi 1.440 x 2.960 piksel. Sama seperti iPhone X, Note 8 juga telah menggunakan layar OLED. Keduanya memang telah menggunakan fitur HDR. Namun iPhone X menambahkan kemampuan lain yakni 3D Touch dan True Tone.

Hardware

iPhone X dan Galaxy Note 8 semestinya memberikan performa yang mumpuni. Keduanya menggunakan prosesor terkini dengan titel terkencang saat ini. iPhone X menggunakan chipset hexa-core A11 Bionic yang menjadi penerus dari chispet A10 di iPhone 7.

Sedangkan Samsung Galaxy Note 8 menggunakan dua SoC berbeda, tergantung wilayah pemasaran. Khusus untuk kawasan Amerika Serikat, perusahaan asal Korea Selatan itu membekali Galaxy Note 8 dengan SoC Snapdragon. Sementara di kawasan lainnya Note 8 menggunakan SoC Exynos 8895.

Performa keduanya disokong oleh RAM yang terbilang lega. iPhone X mengandalkan kapasitas 3 GB, sedangkan Samsung didukung oleh RAM sebesar 6 GB.

Kamera

Dari segi kamera kedua smartphone sama-sama memiliki ketajaman 12 megapiksel. Keduanya juga menggunakan konfigurasi kamera ganda di bagian belakang. Perbedaan terletak pada angka bukaan apperture yakni pada Galaxy Note 8 f/1.7 dan f/2.4.

iPhone X memiliki bukaan f/1.8 dan f/2.4 untuk lensa bagian tele. Kedua smartphone telah dilengkapi penstabil guncangan atau OIS agar menghasilkan foto terbaik. Meski demikian, semakin kecil angka bukaan (f/) maka cahaya yang masuk akan semakin melimpah. Hal itu dapat diandalkan jika Anda berada di kondisi minim cahaya atau malam hari.

Sayangnya untuk urusan kapasitas baterai Apple tak sempat memberikan informasi lebih detail. Galaxy Note 8 sendiri menggunakan kapasitas 3.300 mAh dengan fitur fast charging 2.0.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini