Obama 'Semprot' Mark Zuckerberg soal Fake News, Kenapa?

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Selasa 26 September 2017, 15:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 26 207 1783233 obama-semprot-mark-zuckerberg-soal-fake-news-kenapa-GB2mBusHJL.jpg (Foto: New York Times)

JAKARTA - Berita palsu atau fake news memang telah menjadi perhatian di beberapa negara termasuk Amerika Serikat. Di Negeri Paman Sam itu berita palsu berseliweran menjelang pemilihan presiden pada 2016 lalu.

Pemilik layanan media sosial dan mesin pencarian pun menjadi kambing hitam atas penyebaran konten negatif tersebut. Facebook misalnya, menghadapi beberapa permintaan di beberapa negara agar mereka mau memperketat pengawasannya.

Sedangkan baru-baru ini, mantan Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, dilaporkan sempat memperingatkan Mark Zuckerberg soal penyebaran fake news.

Seperti dikutip dari Ubergizmo, Selasa (26/9/2017), Obama meminta Zuckerberg agar ia menganggap fake news sebagai ancaman yang serius. Obama mengatakan jika pemerintah dan Facebook tak menanganinya secara serius maka pemilihan presiden selanjutnya dikhawatirkan bakal tak kondusif.

Percakapan antara Obama dan Mark Zuckerberg itu terjadi saat Mark Zuckerberg mengatakan bahwa adanya berita palsu di Facebook yang mempengaruhi pemilu AS adalah hal gila.

Menurut sumber yang mengetahui hal tersebut, percakapan antara Mark Zuckerberg dan Barack Obama itu terjadi di sebuah hotel di Lima, Peru. Saat itu mereka bertemu dalam sebuah acara yang juga dihadiri oleh para petinggi negara lainnya.

Kala itu, Zuckerberg sepakat untuk memberantas berita palsu namun ia juga tak menyangkal bahwa itu merupakan pekerjaan sulit.

Setelah pertemuan itu, Facebook kemudian berupaya memberantas penyebaran berita palsu di platorm-nya. Selain itu perusahaan tersebut juga menghadirkan kampanye yang dapat membantu penggunanya mengenali berita palsu.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini