WhatsApp Diusir, Rayuan Bos Facebook Tidak Mempan di China

Agregasi Sindonews.com, Jurnalis · Selasa 26 September 2017, 14:46 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 26 207 1783257 whatsapp-diusir-rayuan-bos-facebook-tidak-mempan-di-china-FhRUopdGE6.jpg Mark Zuckerberg, CEO Facebook (Foto: CNBC)

BEIJING - Pertengahan 2017, pemerintah China telah berupaya melakukan pemblokiran terhadap layanan WhatsApp. Saat itu, para pengguna WhatsApp di China kesulitan untuk mengirim foto dan video lewat layanan tersebut, hanya pesan berupa teks yang masih dapat digunakan.

Alhasil, Mark Zuckerberg coba menjalin komunikasi dengan pemerintah China. Bahkan bos Facebook ini pun terus belajar bahasa mandarin untuk dapat berkomunikasi dengan lebih baik dengan para pimpinan Negeri Tirai Bambu tersebut.

Namun sayangnya upaya yang dilakukan Zuckerberg berakhir sia-sia. Dalam hal ini pemerintah China akhirnya tetap "memblokir" WhatsApp. Laporan terbaru menyebutkan bahwa WhatsApp sudah tidak bisa dipakai oleh sebagian besar pengguna di China.

Awal pekan ini, keseluruhan layanan WhatsApp di China dilaporkan sudah tidak berfungsi. Bahkan pesan teks tak bisa terkirim, menurut Nadim Kobeissi, cryptographer di firma riset Symbolic Software.

Menurut dia, cara pemblokiran dengan mengganggu fungsi layanan alih-alih langsung memblokir sepenuhnya termasuk jarang dilakukan.

"Ini bukan metode teknis biasa yang digunakan pemerintah China dalam menyensor sesuatu," kata Kobeissi, dilansir dari CNBC, Selasa (26/9/2017),

Dia menambahkan, monitor trafik internet di Symbolic Software sudah mendeteksi gangguan WhatsApp di China sejak Rabu pekan lalu, namun baru Senin kemarin pemblokiran diterapkan sepenuhnya.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini