Wah! Peneliti Temukan Jenis Kelomang Baru yang Unik

Riani Angel Agustine, Jurnalis · Selasa 26 September 2017, 03:01 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 09 26 56 1782920 wah-peneliti-temukan-jenis-kelomang-baru-yang-unik-yDqKbQqUD1.jpg Foto: Igawa & Kato, PLOS One (2017)

OSAKA - Hermit crab atau kelomang terkenal akan kemampuannya untuk mengubah kerang kosong menjadi pelindung yang kokoh untuk tubuhnya. Namun tampaknya kerang kosong bukan merupakan pelindung kokoh yang ada di sekitarnya.

Dilansir dari Sciencealert, Senin (25/9/2017), spesies baru dari kelomang atau Hermit crabs telah ditemukan di selatan Jepang. Spesies baru tersebut memiliki kaki berwarna merah terang dan memiliki tangan penjepit berwarna putih cemerlang.

Kelomang dewasa hanya berukuran beberapa millimeter saja, namun mereka mampu membawa kulit kerang yang jauh lebih besar dari tubuhnya. Spesies baru tersebut diberi nama Diogenes heteropsammicola, ia memiliki banyak keuntungan dari rumah karang yang menjadi pelindung tubuhnya.

Sepanjang hidup mereka, kebanyakan kelomang berpindah dari 1 cangkang ke cangkang lain yang telah ditinggal oleh pemiliknya. Tetapi untuk spesies tertentu, mereka tidak harus bersaing dengan kelomang lainnya untuk mendapatkan sebuah rumah.

Mereka hanya perlu menyesuaikan tubuhnya dalam rongga di karang yang kosong. Keuntungan kelomang spesies ini karang yang digunakan sebagai rumah memiliki daya sengatan untuk melindungi kelomang atau Hermit crab dari calon predator, seperti bintang laut, kepiting dan gurita yang lebih besar.

Momoko Igawa, salah satu ilmuwan yang membuat penemuan tersebut, menemukan Hermit crab di Kepulauan Amami dan Okinawa. Ia mengatakan biasanya karang muda pertama mengendap pada cangkang kecil.

“Karang kemudian tumbuh dan akhirnya berada di luar tempurung, dan menyediakan rongga untuk memancing cacing kecil tumbuh bersama,” ungkap Momoko Igawa.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini