Share

Menakutkan! Video Ini Berisikan Laba-Laba Biru yang Mengerikan

Riani Angel Agustine, Jurnalis · Rabu 27 September 2017 02:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 26 56 1783595 menakutkan-video-ini-berisikan-laba-laba-biru-yang-mengerikan-5m5z6VWWGQ.jpg (Foto: ViralHog)

MADRID - Ketika Anda membayangkan tarantula mungkin yang terlintas dipikiran Anda adalah seekor laba-laba berbulu hitam yang mengerikan. Akan tetapi sebuah video yang baru beredar di internet dapat mengubah cara Anda melihat tarantula di masa depan.

Dilansir dari Dailymail, rekaman yang populer di internet tersebut menunjukkan spesies tarantula yang sangat langka dan disebut Poecilotheria metallica berwarna biru cerah. Video tersebut diunggah ke ViralHog oleh seorang mahasiswa kedokteran yang berbasis di Barcelona bernama Daniel Calcarcel.

Dalam video tersebut menujukkan seekor tarantula berwarna biru cerah dengan garis-garis putih pada tubuhnya dan sedang berjalan di atas tangan seorang pria. Menurut IUCN (The International Union for Conservation of Nature) Red List of Threatened Species, Poecilotheria metallica termasuk sebagai spesies yang terancam punah.

Hewan tersebut dapat ditemukan secara eksklusif di area seluas 100 km persegi di India. Deskripsi dari situs resmi IUCN mengatakan, spesies Ini dikategorikan sebagai hewan yang terancam punah karena jangkauannya dibatasi kurang dari 100 km persegi, satu lokasi dan terus menurun kualitas habitatnya.

Para ilmuwan telah menetapkan setidaknya ada 40 spesies laba-laba biru. Namun para ilmuwan sendiri masih belum yakin mengapa makhluk tersebut berevolusi dan memiliki warna biru terang dan bergaris putih.

Pada 2015, para peneliti dari University of Akron, Ohio mengatakan bahwa tidak mungkin warna tersebut berevolusi karena seleksi seksual. β€œIni berevolusi dari berbagai asal dan mekanisme yang berbeda menghasilkan warna biru yang sama, bukti yang sangat kuat menunjukkan bahwa warna biru ini memiliki fungsi pensinyalan visual yang sangat penting,” ungkap Mr Bor Kai Hsiung, penulis utama studi.

Para peneliti menunjukkan bahwa warna yang dimiliki laba-laba tersebut dapat membantunya untuk bersembunyi dari predator di malam hari. Namun Mr Hsiung menyimpulkan bahwa ia dan timnya masih belum mengetahui lebih detail tentang hewan tersebut.

Baca Juga: Sinergi KKP dan TNI AL Berantas Penyelundupan BBL Ilegal di Batam

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini