Mengerikan! Kera Ini Memakan Mayat Bayinya Sendiri sebagai Bentuk Duka Cita

Riani Angel Agustine, Jurnalis · Kamis 28 September 2017 00:03 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 27 56 1784382 mengerikan-kera-ini-memakan-mayat-bayinya-sendiri-sebagai-bentuk-duka-cita-0E4CTIUUli.jpg (Foto: Caters News Agency)

ROMA - Induk kera Tonkean (Tonkean macaque) terlihat sedang memakan sisa mumi bayinya yang telah meninggal. Secara normal, biasanya induk kera membawa mayat bayinya yang sudah meninggal selama berminggu-minggu.

Dilansir dari Dailymail, Rabu (27/9/2017), perilaku aneh tersebut terlihat oleh para peneliti saat mereka sedang mengamati kera di tempat perlindungan hewan Parco Faunistaco di Piano dell’Abatino di Italia. Sementara para peneliti tidak yakin mengapa induk kera tersebut memutuskan untuk memakan bayinya, mereka berasumsi bahwa kanibalisme menjadi ekspresi yang ekstrem kepada anaknya.

Baca juga: Kera Seukuran Manusia Terlihat Berkeliaran di Hutan AS

Para peneliti mengamati seekor induk kera bernama Evalyne, sedang membawa bayi yang telah meninggal selama berminggu-minggu, sebelum memakan sisa mumi. Yang mengejutkan dari tindakan tersebut adalah fakta bahwa kera Tokean atau Tonkean macaques merupakan spesies vegetarian dan tidak pernah memakan daging, menurut Dr Arianna De Marco.

“Kami memiliki laporan lain tentang induk yang membawa bayi mereka yang sudah meninggal untuk waktu yang lama sampai mayat bayi tersebut hancur,” ungkap Dr Frans de Waal, seorang ahli primate di Universitas Emory yang tidak terkait dengan penelitian tersebut.

Baca juga: Alquran dan Sains Jelaskan Manusia Bukan Keturunan Kera

Menurut Dr De Marco, bayi Evalyne meninggal pada usia empat hari, saat Evalyne mulai menatap dan menjerit pada bayangannya sendiri di pintu depannya dan perilaku lain yang tidak terlihat sebelumnya. Kera tersebut secara terus menerus menjilati dan membawa bayi tersebut dan akan berubah menjadi mumi pada hari ke-8 setelah kematian.

Pada minggu ke-3 setelah kematian, tubuh mumi bayi Evalyne mulai terlepas dan rambutnya mulai hilang, dan saat itulah Evalyne mulai mengonsumsi sisa-sisa tubuh bayinya. “Perubahan dramatis perilaku induk terhadap sikap kanibalistik sungguh menakjubkan. Sulit untuk memberikan penjelasan atas perilaku ini.,” tambah Dr De Marco.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini