Share

Alexander Rusli Minta Pemerintah Tegas soal Konsolidasi Operator, Ini Alasannya!

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Kamis 28 September 2017 20:25 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 28 54 1785091 alexander-rusli-minta-pemerintah-tegas-soal-konsolidasi-operator-ini-alasannya-lWlyPj3R3p.jpg CEO Indosat Ooredoo Alexander Rusli (Foto: dok Okezone)

JAKARTA - Di akhir masa jabatannya, CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli mengungkap harapannya soal rencana konsolidasi antaroperstor di Indonesia. Alex mengatakan bahwa pemerintah harus memberikan regulasi yang jelas soal ini.

Hal ini diungkap Alex, agar operator bisa menghitung nilai bisnis dan berapa alokasi frekuensi yang nantinya harus dilepas operator jika sepakat untuk berkonsolidasi. Mengingat, pengalaman sebelumnya terjadi pada operator Axis dan XL Axiata.

Baca juga: Kontraknya Sebagai CEO Indosat Ooredoo Berakhir, Alexander Rusli: Sedang Diskusi Mau Lanjut atau Tidak

"Semua operator sudah ngobrol, cuma satu operator saja yang belum. Dan ada beberapa hal yang membuatnya enggak bisa maju. Salah satunya soal regulasi. Preseden konsolidasi XL Axiata harus balikin frekuensi jadi momok bagi operator," kata Alex di Jakarta, Kamis (28/9/2017).

Alex menambahkan, konsolidasi antaroperator memang penting, namun ia meminta pemerintah untuk memberikan regulasi yang jelas. Ia menceritakan bahwa pihak operator sendiri telah mengirimkan surat kepada Badan Regulasi Telekomunikasi Indonesia (BRTI) dalam setiap rapatnya.

Baca juga: Lepas Jabatan CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli: Saya Ingin Explore Industri Lain

Ia bahkan berkata sebelum benar-benar melepas jabatannya sebagai CEO Indosat Ooredoo seharusnya ia menyurati kembali BRTI untuk meminta kejelasan soal aturan konsolidasi ini.

"Dengan operator semuanya sudah ngobrol tapi pertanyaannya sama balikin enggak, kalau balikin berapa," kata Alex.

"Sudah (kirim surat ke BRTI) itu permintaan formal. Sudah dalam rapat-rapat juga. Kayaknya harus kirim surat lagi sebelum saya pergi," cetusnya sembari melempar senyuman.

Alex mengungkap bahwa permintaan pihak Kominfo sendiri harus memastikan terlebih dahulu operator mana yang akan berkonsolidasi kemudian mereka akan menjelaskan aturannya. Namun, lanjut Alex, hal itu membuat operator tak bisa memastikan prospek bisnisnya.

Baca juga: Ingin Coba Sesuatu yang Radikal Setelah CEO Indosat Ooredoo, Alexander Rusli: Ini Kesempatan Terakhir Saya

"Kalau kata Pak Menteri (Kominfo) pandangannya ya kalau sudah pasti konsolidasi nanti datang ke saya, saya kasih tau. Tapi ini kan kayak tebak-tebakan mana duluan telor atau ayam. Kalau menurut saya keluarkan peraturan dulu baru kita pertimbangkan bagus atau enggak konsolidasi dari menteri terkait," tutup Alex.

Sebagaimana diketahui Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara pernah mengatakan akan mencabut izin operator apabila tak melakukan konsolidasi.

Rencananya aturan konsolidasi ini akan dibuatkan Peraturan Menteri dan ditargetkan rampung tahun ini. Meski demikian, ia mengatakan bahwa implementasinya sendiri akan dilakukan secara bertahap.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini