Unik! Ini Daftar Hewan dengan Gigi Terbanyak di Dunia, Apa Saja?

Riani Angel Agustine, Jurnalis · Kamis 28 September 2017 10:01 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 28 56 1784386 unik-ini-daftar-hewan-dengan-gigi-terbanyak-di-dunia-apa-saja-kA4rKgDEv1.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

JAKARTA - Banyak orang akan menjawab bahwa singa mendapat predikat sebagai hewan dengan gigi kuat dan paling menakutkan. Tetapi pernahkah Anda membayangkan hewan apa saja yang memiliki gigi terbanyak di dunia? Berikut 3 hewan yang memiliki gigi paling banyak di dunia.

Lumba-Lumba

Hewan lucu dan pintar ini ternyata memiliki 80-100 gigi dalam mulutnya, contohnya lumba-lumba hidung botol Atlantik. Sedangkan lumba-lumba umum (Delphinus delphis) yang memilik lengan pendek hanya memiliki 50-60 gigi di setiap rahangnya.

Jika di jumlahkan, gigi lumba-lumba umum berjumlah sekira 100-120 gigi dalam mulutnya. Meski lumba-lumba memiliki jumlah gigi yang banyak, tidak semua lumba-lumba menggunakan seluruh giginya untuk mengunyah atau menghancurkan makanannya.

Armadillo Raksasa

Armadillo raksasa merupakan mamalia yang memiliki tubuh pelindung seperti baju tempur dan masih masuk dalam keluarga aardvark atau beruang semut, Tamandua atau trenggiling pemakan semut, lebah, dan rayap, serta kukang.

Armadillo raksasa memiliki berat tubuh sekira 32 kilogram dan panjangnya mencapai 1,5 meter. Hewan ini sendiri memiliki 80-100 gigi dalam mulutnya yang digunakan untuk memakan larva, siput, dan cacing.

Siput

Siapa sangka makhluk kecil yang sering manusia temui ini memiliki hingga 15.000 gigi dalam mulut kecilnya. Gigi siput tidak memiliki fungsi seperti gigi makhluk hidup lainnya.

Siput memiliki gigi mikroskopis yang memiliki struktur seperti lidah yang membantu makanan untuk turun ke bagian perut secara perlahan. Selain itu gigi mikro siput dan keluarganya seperti keong dan lintah, digunakan untuk mengikis bebatuan, tumbuhan, bahkan untuk membela diri dari hewan lain yang mengambil makanannya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini