Tampil Komik Mesum, BBM: Kami Lakukan Moderasi dan Peringatkan Usia Pembaca

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Jum'at 29 September 2017 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2017 09 29 207 1785537 tampil-komik-mesum-bbm-kami-lakukan-moderasi-dan-peringatkan-usia-pembaca-kOg7GVuK1B.jpg (Foto: IB Times)

JAKARTA - Pada Rabu, 20 September 2017, heboh komik yang diduga beradegan mesum di layanan WebComic BlackBerry Messenger atau BBM. Atas temuan konten tersebut Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) pun langsung mengirimkan surat peringatan pada pihak BBM.

"Ya, dalam hal ini kami surati pengelola platform BBM WebComics," ungkap Dirjen Aplikasi Informatika, Semuel Abrijani, beberapa waktu lalu.

Atas adanya aduan konten negatif di layanannya, BBM pun angkat bicara. Mereka mengatakan bahwa BBM berkomitmen untuk menyediakan konten yang relevan kepada seluruh pengguna di dalam platform miliknya. Diakuinya, mereka sangat serius akan hal tersebut.

Baca juga: Ditemukan Komik Mesum, Kominfo Ancam Blokir Aplikasi BBM

"Oleh karena itu, kami telah memberikan catatan peringatan sesuai usia untuk beberapa konten WebComics sehingga konten tersebut hanya dapat dilihat oleh kelompok usia yang layak," ungkapnya melalui keterangan resmi.

BBM juga mengatakan bahwa telah melakukan tahap moderasi terhadap konten dengan kreator dan telah menghapus beberapa WebComics untuk ditinjau lebih lanjut.

"Kami bekerjasama dengan mitra untuk meningkatkan kualitas konten dan layanan di dalam BBM dan berusaha untuk selalu meningkatkan kualitas konten dan layanan di dalam BBM dan berusaha memberikan pengalaman menyenangkan bagi seluruh pengguna," lanjutnya.

BBM sendiri saat ini telah dimiliki oleh perusahaan asal Indonesia yakni PT Elang Mahkota Teknologi (EMTEK) setelah mengantongi lisensi dari BlackBerry pada 2016.

Baca juga: Pembaruan BBM Perbanyak Layanan untuk Pengguna

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini