Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Canggih! Jaket Pintar Ini Mampu Kendalikan Smartphone

Lely Maulida, Jurnalis · Jum'at 29 September 2017 17:15 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 09 29 207 1785610 canggih-jaket-pintar-ini-mampu-kendalikan-smartphone-VhEYxozQ8v.jpg (Foto: YouTube)

MOUNTAIN VIEW – Google akhirnya meluncurkan jaket pintar besutannya bernama Levi's Commuter Trucker. Jaket ini sebelumnya dikembangkan oleh Google selama lebih dari setahun dengan menggandeng perusahaan ternama.

Jaket jeans pintar yang didesain untuk pengendara sepeda dengan mengusung teknologi baru ini memanfaatkan teknologi dari Google’s Advanced Technology and Projects group (ATAP) yang melibatkan weaving sensor multi sentuh ke pakaian.

Dalan ajang Google I/O, perusahaan menunjukkan bagaimana seorang pengendara sepeda menyentuh manset jaket mereka dan menggunakan isyarat untuk mengendalikan smartphone mereka. Dengan sentuhan itu, mereka dapat mengendalikan panggilan dan pesan, menyesuaikan volume atau menavigasi Google Maps.

Dalam pengumumannya, Google mengatakan Levi's Commuter Trucker akan memungkinkan penggunanya melakukan hal-hal seperti menghentikan atau memutar musik, mendapatkan petunjuk arah, atau membaca pesan teks masuk hanya dengan menggesek atau menekan lengan baju jaket tersebut.

Dijelaskan Google, teknologi tersebut bekerja karena sensor penginderaan isyarat ("Thread Jacquard") yang ditenun ke dalam manset jaket. Kemudian sensor tersebut dihubungkan secara nirkabel ke ponsel penggunanya dengan menggunakan alat elektronik kecil yang fleksibel, tersemat pada lengannya. Perangkat itu juga akan mengingatkan pengguna pada panggilan masuk dan pesan teks menggunakan cahaya dan feedback haptic.

Gerakan yang Anda gunakan untuk melakukan hal-hal seperti memutar atau menghentikan musik, mendapatkan ETA atau petunjuk arah berikutnya, menerima update panggilan atau teks, dan tugas lainnya dapat dikonfigurasi menggunakan aplikasi seluler yang menyertainya. Alhasil pengguna dapat menyesuaikan jaket dengan kebutuhannya.

Jaket pintar Google ini juga dapat bekerja dengan perangkat iOS atau Android.

Sementara itu, dalam situs Levis sebagai mitra Google untuk jaket pintar ini, busana besutannya dapat dicuci seperti busana denim lainnya asalkan perangkat yang terpasang pada lengan sebagai penerima sensor dilepaskan.

Google juga mengatakan akan bekerjasama dengan perusahaan pembuat pakaian lainnya di masa depan untuk memperluas jangkauan Jacquard termasuk perusahaan pakaian atletik dan perusahaan yang merancang busana untuk pelaku bisnis.

"Kami akan belajar banyak dari peluncuran ini, dan itulah yang paling kami inginkan saat ini," kata juru bicara Google.

"Apa selanjutnya sekarang, kita akan mendengarkan tanggapan pengguna. Dari pembelajaran itu, kita memiliki kesempatan untuk mengembangkan kemampuan selain jaket berkat Jacquard menjadi platform dan mempertimbangkan versi jaket berikutnya, atau item lainnya,” papar Google. Demikian seperti dilansir TechCrunch, Jumat (29/9/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini