Penayangan Film G30S/PKI, Komisioner KPI: Bisa Jadi Rujukan Peristiwa Sejarah

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Jum'at 29 September 2017 22:04 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 09 29 207 1785942 penayangan-film-g30s-pki-komisioner-kpi-bisa-jadi-rujukan-peristiwa-sejarah-OfOJNfSiaq.jpg (Foto: Istimewa)

JAKARTA - Komisioner Isi Siaran Komisi Penyiaran Indonesia (KPI), Dewi Setyorini, menilai penayangan film G30S/PKI merupakan salah satu rujukan bagi anak muda tentang peristiwa bersejarah di Tanah Air.

Sebagai film yang diangkat dari peristiwa yang bersejarah, Dewi mengatakan bahwa film G30S/PKI memang cukup merepresentasikan sejarah Indonesia.

"Untuk anak-anak muda film ini bisa menjadi salah satu rujukan gambaran peristiwa sejarah. Sebagai film yang diangkat dari sebuah peristiwa saat itu, film ini memang cukup merepresentasi," katanya melalui pesan singkat kepada Okezone, Jumat (29/9/2017).

Meski demikian, Dewi mengimbau bahwa penayangan film tersebut harus memperhatikan pada Pedoman Perilaku Penyiaran dan Standar Program Siaran atau P3SPS.

"Yang pasti, tayangan mesti disesuaikan dengan P3SPS, utamanya tentang perlindungan anak dan klasifikasi program," imbuh Dewi.

Ia pun mengimbau setelah menyaksikan film bersejarah tersebut, masyarakat bisa mengambil hikmah dan pesan positif bagi masa depan bangsa dan negara.

Selain ditayangkan di beberapa stasiun televisi, film G30S/PKI sendiri disaksikan pula oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widowo, melalui ajang nonton bareng.

Sebelumnya diberitakan bahwa Presiden Joko Widodo (Jokowi) tiba di lapangan tenis Komando Resor Militer (Korem) 061/Suryakancana, Bogor Tengah, Kota Bogor, Jawa Barat, untuk ikut nonton bareng film G30S/PKI.

Presiden Jokowi tiba di lapangan tenis Korem 061/Suryakancana sekira pukul 20.00 WIB dengan disambut meriah oleh sekira ratusan warga yang telah memadati lokasi tersebut.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini