Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Menakjubkan! Nih Penampakan Spektakuler yang Ditangkap Teleskop Hubble

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Jum'at 29 September 2017 00:10 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 09 29 56 1785171 menakjubkan-nih-penampakan-spektakuler-yang-ditangkap-teleskop-hubble-mTDydxUeWm.jpg (Foto: Hubble/ESA/NASA)

CALIFORNIA - Gambar terbaru yang ditangkap Hubble Space Telescope menunjukkan area formasi bintang di dalam galaksi NGC 4490. Diterangkan bahwa wilayah padat aktivitas bintang memiliki energi dari sebuah tumbukan.

Dilansir Upi.com, Jumat (29/9/2017), tumbukan atau tabrakan itu kabarnya dipengaruhi oleh gravitasi. Meski tergolong lemah, dibanding fenomena fisik lainnya, gaya gravitasi memiliki jangkauan panjang. Hal ini bisa mempengaruhi struktur kosmis besar di jarak yang sangat jauh.

Selama jutaan tahun, gravitasi menyatukan NGC 4490 dan tetangga galaksinya yang lebih kecil, yakni galaksi tak beraturan NGC 4485. Kedua galaksi tersebut tidak lagi bertabrakan, karena momentum mereka telah membawa mereka menjauh satu sama lain.

Baca juga: Wow, Ada Tarian Lubang Hitam Raksasa di Luar Angkasa

Akan tetapi, efek tabrakan telah mengubah pasangan galaksi itu secara signifikan. Keduanya membentuk apa yang astronom sebut sebagai Arp 269, sistem yang termasuk dalam Atlas of Peculiar Galaxies.

Tabrakan itu mempengaruhi bentuk dan mengubah isi galaksi. Peneliti juga menemukan radiasi ultraviolet yang intens yang dilepaskan oleh bintang muda yang panas membuat awan hidrogen menjadi terionisasi.

NGC 4490 pernah menjadi galaksi spiral, serupa dengan Bima Sakti. Namun, tumbukan itu mengulurkan 'tangan' galaksi. Bentuknya yang memanjang dan samar membuatnya mendapat julukan Cocoon Galaxy.

Baca juga: Wow, Peneliti Temukan Galaksi Paling Terang di Luar Angkasa

NGC 4490 dan NGC 4485 saat ini melaju kencang satu sama lain, namun mereka dihubungkan oleh jembatan pembentukan bintang yang membentang sekira 24.000 tahun cahaya.

Akhirnya, gravitasi akan menarik kedua pasangan itu kembali dan tabrakan lain akan menginspirasi generasi baru dari bintang dalam beberapa miliar tahun lagi.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini