Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Keren! Teknologi VR Segera Manjakan Penumpang di Pesawat

Lely Maulida, Jurnalis · Selasa 03 Oktober 2017 14:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 03 207 1787758 keren-teknologi-vr-segera-manjakan-penumpang-di-di-pesawat-RIxdFyb3ob.jpg (Foto: Wearbleo)

JAKARTA – Saat melakukan perjalanan dengan memnggunakan pesawat, mungkin Anda akan memilih untuk mendengarkan musik atau menonton sebuah film yang disediakan maskapai penerbangan. Namun rupanya sebuah perusahaan hiburan di maskapai penerbangan berencana untuk menghadirkan konten yang lebih canggih.

Sebuah headset virtual reality (VR) yang kini banyak digunakan oleh pengguna, untuk pertama kalinya akan turut hadir dalam perjalanan Anda di atas daratan. Perusahaan dibalik konsep ini adalah SkyLights, yang telah memperkenalkan headset VR baru bertajuk AlloSky.

Dilansir The Sun, Selasa (3/10/2017), pengguna dapat menonton video melalui sebuah kacamata dalam format 2D, 3D atau 180 derajat dengan tayangan yang diproyeksikan pada lensa di depan mata mereka. Desain dari headset VR ini telah di sesuaikan dari model headset sebelumnya, dengan dirancang 60% lebih ringan sehingga perangkat tersebut cukup nyaman untuk digunakan secara terus menerus dalam penerbangan jarak jauh.

"Kami telah mengidentifikasi hal yang paling penting dan telah menandai pengetahuan ini sebagai fokus dari solusi (headset) generasi kedua. Ini lebih premium, lebih nyaman dan memiliki material yang ramping. Kami yakin ini adalah terobosan, membuat masa depan hiburan in-flight menjadi kenyataan hari ini," kata David Dicko, CEO SkyLights.

Dengan melihat tampilan melaui sistem VR, penumpang dapat menikmati pengalaman yang lebih, hingga tak menyadari bahwa dirinya berada dalam pesawat.

SkyLights sendiri akan mampu melakukan streaming konten film dan televisi dari 20th Century Fox, Dreamworks, Warner Brothers, National Geographic, Lionsgate, dan BBC secara langsung ke perangkat AlloSky untuk dinikmati penumpang.

Pesawat Boeing 777 milik Air France, dan Airbus A340 milik Joon, akan menjadi maskapai pertama yang merasakan produk VR dan mengenalkan dalam penerbangannya pada 2018 mendatang. Perangkat ini akan diberikan secara gratis kepada penumpang kelas satu dan kelas bisnis. Sementara iru, penumpang kelas ekonomi dibebankan biaya tambahan untuk penggunaan headset tersebut.

“Kabin penumpang dalam penerbangan jarak jauh memberikan kesempatan yang hampir sempurna untuk penemuan dan penggunaan teknologi premium immersive yang luas,” kata David Dicko.

"Penumpang jarak jauh tertawan dan haus akan hiburan berkualitas tinggi, duduk bersantai atau lebih dari itu, berbaring santai, dengan hiburan premium yang memungkinkan penumpang melupakan lingkungan mereka,” ujarnya. (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini