Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

LG Kembali Bikin 'Otak' Smartphone, Benarkah?

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Rabu 04 Oktober 2017 22:00 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 04 207 1788851 lg-kembali-bikin-otak-smartphone-benarkah-4zawLvFgOC.jpg (Foto: The Indian Express)

JAKARTA - Pada 2014 lalu LG mengkuti langkah Samsung dan Huawei untuk membuat otak atau prosesor smartphone bernama NUCLUN. Kini perusahaan asal Korea Selatan itu kembali dikabarkan membuat komponen serupa.

Dalam pengajuan hak cipta di European Union Intellectual Property Office, LG diketahui sedang mengembangkan dua SoC (system on chip) terbaru.

Dikutip dari Phone Arena, Rabu (4/10/2017), dari dokumen pengajuan yang diserahkan LG, kedua SoC itu akan dinamakan sebagai LG KROMAX Processor dan LG EPIK Processor. Kedua komponen itu diklasifikasikan sebagai 'Chips [integrated circuits]; Multiprocessor'.

Sayangnya belum ada konfirmasi dari LG soal bocoran ini. Jika kedua chip tersebut bukan ditujukan untuk perangkat smartphone, kemungkinan besar akan menargetkan pada perangkat IoT (internet of things).

Peran LG di bisnis IoT sendiri sempat terungkap melalui pengumuman Intel. Perusahaan yang berbasis di Amerika Serikat itu mengatakan bahwa pihaknya sedang bekerja sama dengan LG dalam membuat chip ARM.

Dari sumber yang tak disebutkan identitasnya, kedua perusahaan mempersiapkan prosesor berarsitektur 10 nm. Chipset itu diproyeksikan untuk perangkat premium LG.

Selain dua nama chipset di atas, kemungkinan lain yang bakal dibuat oleh LG ialah penerus dari 'otak' sebelumnya yakni NUCLUN 2.

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini