Hii... Para Penemu Ini Tewas karena Penemuannya Sendiri, Siapa Saja?

Dini Listiyani, Jurnalis · Jum'at 06 Oktober 2017, 03:02 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 05 56 1789611 hii-para-penemu-ini-tewas-karena-penemuannya-sendiri-siapa-saja-3B4a8Q3ImR.jpg Ilustrasi (Foto: Reuters)

JAKARTA - Setiap pekerjaan tentu memiliki risiko tersendiri, tak terkecuali para penemu ketika menemukan temuannya. Bahkan, tak jarang para penemu itu harus meregang nyawa karena penemuan mereka sendiri.

Seperti beberapa penemu ini di bawah ini yang terbunuh karena penemuann mereka sendiri. Berikut ini ceritanya seperti Okezone rangkum dari Huffington Post, Jumat (6/10/2017).

1. Sylvester H. Roper

Sylvester H. Roper menemukan motor pertama kali di dunia. Dia menyebutnya velocipede dan itu sebenarnya sepeda yang dikonversi yang didukung oleh mesin uap. Pada 1 Juni 1896, Roper sedang menguji mesin di jalur balap sepeda dan menghantam pedal diperkuat dua roda dengan jarak lebih dari 40 mph. Tiba-tiba, dia tersapu bersih dan mati.

Autopsi itu menunjukkan penyebab kematian itu serangan jantung, namun tak diketahui apakah serangan itu menyebabkan kecelakaan atau jika kecelakaan itu menyebabkan serangan itu.

2. Louis Slotin

Louis Slotin merupakan seorang ahli fisika Amerika yang bekerja di Proyek Manhatten. Setelah perang, Slotin terus bereksperimen dengan plutonium dan secara tak sengaja memicu reaksi fission yang mengeluarkan ledakan radiasi yang keras. Menyadari apa yang telah dilakukannya, Slotin dengan heroik menutupi material itu dengan tubuhnya sementara yang lainnya berlari ke bukit. Dia meninggal pada 30 Mei 1946, dua minggu setelah terpapar.

3. William Bullock

William Bullock ini merupakan penemu percetakan modern pertama. Saat menginstal sebuah mesin untuk Public Ledger Philadelphia, Bullock mencoba menendang sabuk ke katrol dan membuat kakinya hancur dalam mekanisme bergerak. Hal itu cepat membuat gangren (kondisi jaringan tubuh mati) dan kakinya perlu diamputasi. Selama operasi pada 12 April 1867, Bullock meninggal karena komplikasi.

4. Marie Curie

Marie Curie merupakan seorang ahli kimia atau fisikawan Polandia yang mempelopori penelitian tentang radioaktivitas dan memenangkan Hadia Nobel, dua kali. Selain mengusulkan teori radiasi dan menemukan dua elemen, dia dikreditkan dengan menciptakan radiografi atau sinar-X. Curie meninggal pada 14 Juli 1934, di sebuah sanatorium Prancis dari anemia aplastik karena terpapar radiasi jangka panjang, mungkin dari kebiasaannya membawa tabung uji plutonium di sakunya.

5. Max Valier

Max Valier merupakan seorang ilmuwan roket Austria yang menemukan rudal berbahan bakar padat dan cair. Mengingat kesuksesannya denga terbang, Valier pikir akan sangat keren untuk membuat mobil berpeluncur roket dan itu berhasil.

Namun, ia terus mencoba agar itu lebih baik. Valier bereksperimen dengan alkohol sebagai bahan yang mudah terbakar. Pada akhirnya, itu meledak di meja kerjanya, membunuh Valier dan membakar bengkelnya.

1 / 3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini