Nih! Spesifikasi Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL Pesaing iPhone 8

Lely Maulida, Jurnalis · Kamis 05 Oktober 2017 09:41 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 05 57 1789110 nih-spesifikasi-google-pixel-2-dan-pixel-2-xl-pesaing-iphone-8-OjuI3DtmoE.jpg (Foto: CNet)

MOUNTAIN VIEW – Google akhirnya memperkenalkan jajaran perangkat baru besutannya. Dalam gelaran besarnya di San Francisco pada Rabu (4/10) siang waktu setempat atau Kamis (5/10) dini hari waktu Indonesia, raksasa teknologi itu meluncurkan smartphone Pixel versi terbaru yakni Pixel 2 dan Pixel 2 XL.

Meski terbilang pemain yang cukup baru, Google tak segan untuk mengusung fitur yang menyaingi smartphone terbaru milik Apple dan Samsung.

Pixel 2 memiliki bentang layar 5 inci, sementara Pixel 2 XL hadir lebih luas dengan layar 6 inci. Kamera smartphone tersebut juga mendukung pengalaman virtual dan augmented reality (AR).

Kedua ponsel anyar Google tersebut didukung dengan teknologi layar OLED, namun layar itu tak begitu membentang menutupi seluruh bagian depan perangkat layaknya Apple iPhone X dan Samsung Galaxy S8. Meski begitu, kedua smartphone Pixel baru ini turut menambah jajaran ponsel dengan desain hampir tanpa bezel di industri smartphone.

Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL juga mengusung fitur pemindai sidik jari (fingerprint) di bagian belakang ponsel meski vendor pesaingnya telah beralih ke sistem biometrik yang diintegrasikan ke layar atau menggunkan facial recognition untuk mengotentikasi pengguna.

Fitur utama dari jajaran Pixel 2 ini adalah sistem kamera yang telah diupgrade. Pixel 2 dan Pixel 2 XL sama-sama dibekali kamera utama beresolusi 12,2 MP dan kamera depan 8 MP. Smartphone ini memiliki optical image stabilization untuk memotret gambar, meningkatkan fokus otomatis objek, dan kamera yang dioptimasi untuk aplikasi AR dari developer pihak ketiga.

Untuk software kameranya, Google kembali menggunakan software besutan Apple. Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL memiliki Portrait Mode dan Motion Photo versi Android yang mulanya digagas oleh Apple.

Portrait Mode akan mmebuat background foto blur saat kamera digunakan untuk memotret seseorang atau sebuah objek. Sayangnya, fitur itu hanya didukung kamera tunggal tak seperti iPhone yang compatible dengan kamera gandanya.

Dapur pacu Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL didukung oleh prosesor yang sama yakni Snapdragon 835 besutan Qualcomm. Keduanya juga disokong RAM yang sama 4GB dengan media penyimpanan 64 GB dan 128 GB. Prosesor itu juga digunakan oleh pesaing Pixel, Galaxy Note 8 dan LG V30.

Dari sisi baterai, kapasitas baterai Pixel 2 disokong dengan daya 2.700 mAh, sementara Pixel 2 XL berdaya 3.520 mAh.

Sistem operasi Android memang telah digandrungi banyak vendor dan pengguna, namun Google tercatat baru mulai merancang ponselnya sendiri dalam satu atau dua tahun terakhir. Hal ini membuatnya tertinggal oleh Apple dan Samsung saat Google harus mencari komponen hardware seperti display dan komponen lainnya yang mendukung teknologi serta penjualan.

Berikut Okezone sajikan perbandingan Google Pixel 2 dan Pixel 2 XL dengan smartphone terbaru Apple serta Samsung. (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini