Heboh! Asisten Siri Sebut Despacito Lagu Kebangsaan Bulgaria, Kok Bisa?

Lely Maulida, Jurnalis · Kamis 05 Oktober 2017 11:08 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 05 57 1789155 heboh-asisten-siri-sebut-despacito-lagu-kebangsaan-bulgaria-kok-bisa-ygzq7ChEu7.jpg (Foto: Apple)

JAKARTA – Asisten virtual kini banyak terpasang pada berbagai perangkat termasuk smartphone. Teknologi ini memungkinkan pengguna memberikan perintah hanya dengan menggunakan suara.

Meski terbilang canggih, asisten virtual yang disokong dengan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI) tak luput dari kekeliruan. Seperti yang kali ini terjadi pada Siri, asisten digital milik Apple.

Saat Siri ditanya tentang lagu kebangsaan Bulgaria, ia malah menjawab “Despacito”. Ini tentu saja bukan merupakan jawaban yang benar, karena lagu kebangsaan Bulgaria sebenarnya adalah "Мила Родино," atau diterjemahkan sebagai "Mila Rodino”.

Pengguna forum Reddit, wandreylust menemukan kesalahan yang mengejutkan ini di Facebook dan kemudian ia mencobanya sendiri. Ketika Anda bertanya kepada asisten suara Apple “Apa lagu kebangsaan Bulgaria?”, Anda akan mendapatkan hasil “Lagu Kebangsaan Bulgaria adalah Despacito.”

Namun saat Anda mencoba mengajukan pertanyaan yang sama di laman pencarian Google, Anda akan mendapati jawaban yang benar, yakni "Mila Rondino" sebagai Lagu Kebangsaan Bulgaria.

Tak jelas bagaimana Siri bisa menjawab Despacito sebagai Lagu Kebangsaan Bulgaria. Padahal dalam laman Wikipedia pun tak ada kaitannya Despacito dengan Bulgaria.

Despacito sendiri merupakan lagu yang populer besutan Luis Fonsi dan Daddy Yankee’s yang juga berkolaborasi dengan Justin Bieber. Lagu ini amat populer di berbagai kalangan, banyak orang meng-cover lagu Despacito hingga menjadi unik dan viral. Bahkan anak-anak yang tak mengerti artinya pun seolah terhipnotis dengan lagu Despacito.

Tak ayal jawaban Siri terbilang mengejutkan, karena banyak orang mengetahui lagu Despacito. Sayangnya, saat diminta keterangan oleh CNet, Apple belum memberikan komentar terkait keanehan asisten Siri tersebut. Demikian seperti dilansir CNet, Kamis (5/10/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini