Adu Spesifikasi Pixel 2 XL vs iPhone X, Mana Lebih Unggul?

Lely Maulida, Jurnalis · Kamis 05 Oktober 2017 14:29 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 05 92 1789324 adu-pixel-2-xl-vs-iphone-x-mana-lebih-unggul-UWtVts2vTf.jpg (Foto: Phone Arena)

JAKARTA – Google akhirnya meluncurkan smartphone barunya Pixel 2 dan Pixel 2 XL. Dari keduanya, Pixel 2 XL memang tampil dengan fitur yang kekinian, seperti layar yang luas dan hampir tanpa bezel.

Pixel 2 XL kini menjadi flagship milik Google yang tentunya mengusung sistem operasi Android. Di sisi lain, Apple juga belum lama ini merilis jajaran iPhone barunya, dan iPhone X menjadi flagship yang kini menjadi smartphone tercanggih di antara iPhone lainnya. Namun bagaimana jika kedua flagship tersebut disandingkan?

Desain

Dari sisi desain, iPhone X hadir menggebrak desain yang selama ini diusung Apple untuk jajaran iPhone-nya. iPhone X mengadopsi layar yang tanpa bezel seperti yang kini banyak diusung berbagai vendor smartphone.

Bagian depan iPhone X hampir diselimuti dengan layar disertai kamera depan dan beberapa sensor. Bagian bawahnya iPhone X juga menghilangkan tombol Home fisik dan menggunakan facial recognition sebagai pengganti untuk membuka kunci perangkat. Di bagian belakangnya, iPhone X dibekali dual-camera vertikal untuk menjepret gambar.

Sementara itu Pixel 2 XL memiliki bezel yang lebih banyak ketimbang iPhone X, namun tampak lebih futuristik dengan lebih banyak material metal karena aluminium unibody-nya. Speaker ponsel ini diposisikan di bagian atas dan bawah layar.

Layaknya iPhone X, Pixel 2 XL juga hadir tanpa tombol Home fisik, dan sebagai gantinya Google menyematkan teknologi fingerprint di bagian belakang ponsel. Lain dari vendor smartphone lainnya, Google hanya menyematkan kamera tunggal baik di depan maupun di belakang Pixel 2 XL.

Ukuran bodi Pixel 2XL lebih besar ketimbang iPhone X dari setiap dimensi. Pixel 2 XL berukuran 157,9 x 76,7 x 7,9mm dan bobotnya 175g. iPhone X hanya 143,6 x 70,9 x 7,7mm dan satu gram lebih ringan dari Pixel 2 XL.

Kedua smartphone itu telah memperoleh sertifikasi IP67 yang tahan dari debu dan dapat bertahan dalam air hingga 30 menit. Kesamaan lainnya yakni hilangnya jack headphone 3,5mm.

Meski Google Pixel 2 XL hadir dengan perbaikan desain dari smartphone Google sebelumnya, iPhone X terbilang unggul karena desainnya yang tanpa bezel.

Tampilan

Google telah mengemas layar 6 inci dengan resolusi 2.880 x 1.440 untuk Pixel 2 XL, dan memberikan kerapatan pixel 538 ppi. Sementara itu layar iPhone X sedikit lebih kecil yakni 5,8 inci. iPhone X juga memiliki pixel yang rendah yakni 2.435 x 1.125. Kerapatan pikselnya masih bagus yakni 458 ppi, namun tidak setajam Pixel 2 XL.

Sulit untuk menentukan tampilan mana yang lebih nyaman untuk dinikmati karena keduanya menggunakan teknologi OLED. iPhone X menggunakan layar AMOLED standar dan Pixel 2 XL menggunakan pOLED, sehingga perbedaannya tidak begitu terlihat.

Meski begitu, teknologi True Tone milik Apple dapat membantunya sedikit mengungguli Google. Di sisi lain, Pixel 2 XL lebih siap untuk VR, serta dukungan Google Daydream.

Dapur Pacu

iPhone X dan Pixel 2 XL masing-masing hadir dengan software terbaru. iPhone X menjalankan iOS 11, yang kini tersedia untuk beberapa model iPhone sebelumnya juga, sementara Pixel 2 XL menjalankan Android 8.0 Oreo.

Prosesor yang digunakan Pixel 2 XL adalah Snapdragon 835 octa-core dan dengan dukungan RAM 4GB. Sementara iPhone X menggunakan chipset Bionic A11 hexa-core, yang diyakini memiliki RAM 3GB. Efisiensi iOS dan kekuatan Bionic A11 menjamin performa yang luar biasa pada iPhone X sehingga akan sulit bagi flagship Android untuk mengalahkannya.

Kedua smartphone ini juga memiliki asisten virtual. iPhone X hadir dengan Siri, dan Pixel 2 XL memiliki Google Assistant. Masing-masing terus berkembang namun kekuatan Google dalam AI, penelusuran dan machine learning-nya memungkinkan Google untuk sedikit lebih unggul dari Apple.

Kamera dan Baterai

iPhone selalu menghadirkan kamera yang mengesankan dan banyak vendor smartphone Android mencoba untuk mengalahkannya. Tahun lalu, Google juga mendapatkan nilai DxOMark tertinggi untuk smartphone pada kamera Pixel dan Pixel XL, begitu pula dengan kamera Pixel 2 XL.

Pixel 2 XL mengusung kamera belakang 12.2MP dengan optical dan electronic image stabilization serta aperture f / 1.8. Meskipun tidak memiliki sistem dual-camera seperti kebanyakan pesaingnya, teknologi Dual Pixel dan image recognition memungkinkan portrait mode menentukan fokus dengan selektif, seperti yang ditawarkan oleh kamera ganda.

Kamera 8MP f / 2.4 yang menghadap ke depan juga memiliki portrait mode. Teknologi ini tidak diragukan lagi akan menjadi kamera smartphone yang mengesankan, namun tentunya perlu pengujian dari pengguna.

Apple iPhone X juga memiliki kamera belakang 12MP, namun ia mengusung kamera ganda. Satu lensa untuk wide-angle dengan bukaan 1 / 1.8, dan yang lainnya lensa tele dengan aperture f / 2.4.

Kamera iPhone X juga dilengkapi dengan optical image stabilization. Berkat sistem dual-cameranya, iPhone X mampu mencapai efek selective focus seperti yang dimiliki Pixel 2 XL, meski harus dilihat mana yang menghasilkan gambar terbaik.

Dari sisi baterai, Pixel 2 XL mengusung baterai 3.520 mAh yang menurut Google mampu bertahan hingga 7 jam hanya dalam 15 menit pengisian. Sementara itu, ukuran baterai iPhone X belum diungkap. Rumornya Apple menyematkan sekira 2.716 mAh, yang bahkan tidak mendekati Pixel 2 XL. (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini