HP Ucapkan Selamat Tinggal untuk Elite X3, Apa yang Terjadi?

Lely Maulida, Jurnalis · Jum'at 06 Oktober 2017 13:20 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 06 57 1790001 hp-ucapkan-selamat-tinggal-untuk-elite-x3-apa-yang-terjadi-yHWReiYL4x.jpg (Foto: The Verge)

JAKARTA – Bukan lagi menjadi rahasia bahwa Microsoft mengalihkan fokusnya dari bisnis smartphone. Sebagaimana diketahui, perusahaan tersebut terbilang gagal memarkan smartphone besutannya ke pasaran. Berbagai aplikasi pun telah menghentikan dukungannya untuk Windows Phone.

Kini kabar terkait Windows Phone kembali mencuat, dari vendor lain yakni HP. Dilaporkan The Register, HP menghentikan dukungan ponsel Elite X3, yang merupakan ponsel high-end terakhir dipasaran yang menjalankan sistem operasi Windows 10 Mobile.

Langkah ini bukan berdasarkan keputusan penuh dari HP sendiri, melainkan Microsoft yang telah memutuskan untuk mengubah strategi bisnisnya.

“Microsoft, seperti semua perusahaan memutuskan untuk mengubah strategi dan karena itu mereka kurang fokus pada apa yang mereka pikir akan mereka fokuskan hari ini,” kata eksekutif HP kepada The Register.

Smartphone Elite X3 sendiri memulai debutnya pada Februari 2016 dan mengusung konsep yang terbilang apik. Elite X3 mampu dipasangkan dengan PC atau laptop dengan antarmuka yang berubah bergantung pada penggunaan pengguna.

Fitur itu sesuai dengan visi Microsoft "Continuum”, yakni sebuah fitur Windows 10 Mobile yang memungkinkan pengguna menghubungkan ponsel ke monitor dan menggunakannya seperti PC.

Meski tak lagi berniat merancang Elite X3, tak serta merta membuat HP hilang segera sejak keputusan ini. Sebagai gantinya, HP akan menghentikan dukungan untuk smartphone Elite X3 pada tahun 2019.

“Banyak pelanggan merasakan manfaat dari HP Elite X3. Kami akan terus mendukung sepenuhnya pelanggan dan mitra HP Elite X3 sampai tahun 2019. Kami akan terus mengevaluasi rencana kami dengan Windows Mobile karena Microsoft memiliki tambahan rincian roadmap,” terang juru bicara HP.

Microsoft sendiri belum merilis ponsel Windows 10 sejak Lumia 950 dirilis akhir 2015. Microsoft dirumorkan tengah mengerjakan perangkat yang disebut Surface Phone, sebagai andalan baru untuk menyaingi Samsung dan iPhone. Demikian dilansir dari Business Insider, Jumat (6/10/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini