Mantap! Google Loon Bakal Pulihkan Internet Akibat Badai Maria di Puerto Rico

Lely Maulida, Jurnalis · Sabtu 07 Oktober 2017 15:11 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 07 207 1790764 mantap-google-loon-bakal-pulihkan-internet-akibat-badai-maria-di-puerto-rico-gFqfKaX8o1.jpg (Foto: Google)

JAKARTA – Komisi Komunikasi Federal (FCC) Amerika Serikat telah menyetujui aplikasi perusahaan induk Google, Alphabet Inc, untuk menyediakan layanan darurat ke Puerto Rico. Perusahaan akan menggunakan balon atau dikenal dengan Proyek Loon untuk menyediakan jaringan di wilayah yang dilanda bencana.

Akibat badai Maria, Puerto Rico, telah berjuang untuk mendapatkan kembali layanan komunikasi. FCC mengatakan pada Jumat 6 Oktober waktu setempat bahwa 83% lokasi solar internet tidak beroperasi sehingga perusahaan telekomunikasi nirkabel menggelar site sementara.

Baca: Google Loon Alami Kendala Bantu Korban Badai di Puerto Rico, Apa yang Terjadi?

Project Loon Tak Kunjung Mengudara, Ini Tanggapan Operator

Alphabet yang mengumumkan Proyek Loon pada 2013, menggunakan balon bertenaga surya tinggi bertujuan menyediakan layanan internet di daerah-daerah terpencil. Perusahaan mengatakan kepada FCC mendukung restorasi peralatan operator terbatas di Puerto Rico.

Sebelumnya, Ketua FCC Ajit Pai mengumumkan bahwa ia membentuk sebuah Hurricane Recovery Task Force dengan penekanan pada penanganan tantangan yang dihadapi Puerto Rico dan Virgin Island AS.

“Sangat penting bahwa kita mengadopsi pendekatan terkoordinasi dan komprehensif untuk mendukung pembangunan kembali infrastruktur komunikasi dan pemulihan layanan komunikasi,” katanya dalam sebuah pernyataan.

Tak hanya Google, Tesla juga ambil peran untuk membantu memulihkan kondisi di Puerto Rico akibat badai Maria. Gubernur Puerto Rico dalam posting-an Twitter-nya mengatakan "Percakapan awal yang baik dengan @elonmusk malam ini. Tim sekarang berbincang, mengeksplorasi peluang. Langkah selanjutnya akan segera menyusul”.

Baca juga: Perjalanan Google Loon di Indonesia

Siri Selamatkan Remaja Ini dari Badai Harvey, Kok Bisa?

Elon Musk, Chief Executive Tesla belum lama ini mengatakan bahwa perusahaannya akan mengirim lebih banyak installer baterai ke Puerto Rico untuk membantu memulihkan energi setelah badai Maria menyingkirkan semua energi di pulau tersebut.

Musk mengatakan bahwa ia mengalihkan sumber daya dari proyek semi-truk untuk memperbaiki kemacetan Model 3 dan meningkatkan produksi baterai untuk Puerto Rico dan daerah lainnya yang terkena dampak bencana.

Akhir September lalu Tesla mengatakan bahwa pihaknya mengirim ratusan baterai yang dapat menyimpan energi yang dihasilkan panel surya ke Puerto Rico untuk memberikan bantuan darurat setelah badai Maria. Demikian seperti dilansir Guardian, Sabtu (7/10/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini