Ada Orang Indonesia di Google Doodle Hari Ini, Siapa Dia?

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Senin 09 Oktober 2017 11:00 WIB
https: img.okezone.com content 2017 10 09 207 1791470 ada-orang-indonesia-di-google-doodle-hari-ini-siapa-dia-zRczWP5P8Q.jpg (Foto: Google Doodle/Okezone)

JAKARTA - Google kembali menampilkan doodle yang berkaitan dengan nuansa Indonesia. Kali ini muncul sesosok pria berkacamata tebal tengah duduk santai. Ia telihat sedang memegang sebuah kuas di tangan kanannya.

Kemudian di bagian belakangnya tampak lukisan koreografi beberapa orang yang kemungkinan karya miliknya sendiri. Siapakah dia?

Pria tersebut bernama Bagong Kussudiardja. Pria yang dikenal dengan sebutan Bagong itu merupakan seorang koreografer, pelukis, pemahat, dan penyair. Selama bertahun-tahun, Bagong telah mempelajari seni, musik, dan tarian Jawa.

Baca juga: Selamat! Ultah ke-19, Google Tampilkan Kue Ulang Tahun di Doodle

Bagong Kussudiardja dilahirkan di Yogyakarta pada 9 Oktober 1928. Setelah kemerdekaan Indonesia pada 1945, ia memperdalam seni klasiknya. Bagong belajar tarian Jepang dan India. Kemudian pada 1957 hingga 1958 ia berguru pada Martha Graham, koreografer terkemuka di Amerika.

"Doodle hari ini mengilustrasikan Bagong dengan kuas catnya, penari kaya yang melompat-lompat untuk kesenangan. Selamat ulang tahun untuk "Ayah avant-garde dari Jawa," tulis Google, Senin (9/10/2017).

Setelah menuntut ilmu koreografi dari Amerika Serikat, Bagong kembali ke Tanah Air. Ia menggabungkan gerakan modern untuk meningkatkan tarian tradisional Indonesia.

Pada 1958 ia mendirikan Pusat Latihan Tari Bagong Kussudiardja disusul Padepokan Seni Bagong Kussudiardja yang berkembang pada 1978.

Selama hidupnya Bagong telah membuat koreografi lebih dari 200 tarian. Meski demikian, itu hanyalah salah satu dari beberapa karya Bagong. Selain terkenal karena tariannya, ia juga dikenal dengan lukisan cat minyaknya. Dia berkarya dalam berbagai gaya, termasuk impresionistik, abstrak, dan realistis.‚Äč

Baca juga: Yuk! Kenali Asima Chatterjee yang Jadi Google Doodle Hari Ini

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini