Wow! Perusahaan Global Ramai-Ramai Kucurkan Dana untuk Startup Indonesia

Ahmad Luthfi, Jurnalis · Senin 09 Oktober 2017 23:44 WIB
https: img-k.okeinfo.net content 2017 10 09 207 1792191 wow-perusahaan-global-ramai-ramai-kucurkan-dana-untuk-startup-indonesia-XwGpOtU49s.jpg Ilustrasi

JAKARTA - Beberapa nama perusahaan seperti Expedia dan Alibaba menggelontorkan dana miliaran dollar untuk startup Indonesia. Indonesia telah mengalami lonjakan arus kas ke sektor teknologi selama dua tahun terakhir, membantu banyak startup di Tanah Air.

Dilansir Businesslive, Senin (9/10/2017), dengan populasi lebih dari 250 juta, kelas menengah cukup besar dan meningkatnya ketersediaan perangkat telefon pintar murah. "Kami percaya bahwa Indonesia siap menghadapi lompatan besar untuk ekonomi digitalnya, mengikuti pertumbuhan China dan menjadi tujuan teknologi terkemuka di Asia Tenggara," kata Adrian Li, mitra di Convergence Ventures yang berbasis di Jakarta.

Pada 2016, sekira USD631 juta dalam modal ventura diberikan ke Indonesia, menurut firma riset CB Insights, naik dari USD31 juta di 2015.

Informasi yang beredar sebelumnya mengungkapkan, East Ventures, firma investasi yang mendukung beberapa startup di Asia Tenggara, mengumumkan dana investasi yang difokuskan untuk Indonesia. Pendanaan kali ini dikucurkan East Ventures senilai USD30 juta atau hampir mencapai Rp400 miliar.

East Ventures merupakan perusahaan yang didirikan di Singapura pada 2020. Perusahaan ini juga merupakan salah satu investor teknologi paling awal di Indonesia.

Dijelaskan perusahaan, hingga saat ini East Ventures telah terlibat pada 192 transaksi, atau 50% dari total transaksi di Indonesia.

Beberapa perusahaan yang terlibat dengan East Ventures termasuk Tokopedia yang belum lama ini mendapat kucuran dana dari Alibaba senilai USD1,1 miliar, dan Traveloka yang mendapat suntikan dana dari investor termasuk Expedia senilai USD500 juta.

Selain itu, Kudo yang diakuisisi Grab dan Loket yang kini dimiliki Go-Jek juga turut terlibat dalam pendanaan East Ventures.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini