Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Siapa Fridtjof Nansen yang Jadi Google Doodle Hari Ini?

Moch Prima Fauzi, Jurnalis · Selasa 10 Oktober 2017 11:00 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 10 207 1792346 siapa-fridtjof-nansen-yang-jadi-google-doodle-hari-ini-505G0DBNKq.jpg (Foto: Google/Okezone)

JAKARTA - Google kembali memajang ilustrasi doodle di halaman utamanya. Kali ini yang tampil ialah Fridtjof Nansen. Ketika Anda mengklik ikon pemutar bertanda segitiga akan tampil Nansen sedang bermain ski. Siapakah dia?

Fridtjof Nansen adalah pria kelahiran Norwegia di Oslo, pada ​​1861. Ia memiliki ketertarikan pada olahraga ski yang menuntunnya pada petualangan lintas negara sejauh 50 mil. Karena kegemarannya pada dunia outdoor, Nansen mengambil studi yang berkaitan dengan alam.

Nansen belajar zoologi di Royal Frederick University dan menjadi seorang akamedisi. Meski demikian ia tak pernah lepas dari hobinya bermain ski. Pada 1888 ia menjadi orang pertama yang memimpin ekspedisi melintasi daratan Greenland. Tak sampai di situ, Nansen juga berusaha menjadi orang pertama yang mencapai kutub utara.

Baca juga: Ada Orang Indonesia Google Doodle Hari Ini, Siapa Dia? 

Sayangnya dalam ekspedisi itu ia tidak berhasil. Tapi ia berhasil mencapai garis lintang paling utara dari penjelajah pada saat itu.

Seiring Perang Dunia I berlangsung pada tahun 1914, Nansen terpaksa menghentikan penjelajahannya dan fokus pada penelitian di rumah. Namun, pada 1920, ketertarikannya beralih untuk mempengaruhi iklim politik internasional saat perang tersebut berakhir.

Nansen menjadi salah satu humanitarian terbesar dunia saat ia bekerja untuk membebaskan ratusan ribu tawanan perang dan memulangkan para pengungsi.

Baca juga: Selamat! Ultah ke-19, Google Tampilkan Kue Ulang Tahun di Doodle

Dia menciptakan Paspor Nansen, sebuah dokumen perjalanan untuk pengungsi tanpa kewarganegaraan yang diakui oleh 52 pemerintah di seluruh dunia dan mengizinkan orang-orang yang mengungsi untuk pindah dan bermukim kembali.

Nansen akhirnya dianugerahi Hadiah Nobel Perdamaian pada tahun 1922 karena karyanya membantu mereka yang tidak memiliki suara dan mencari rumah.

"Fridtjof Nansen memulai kariernya dengan menghancurkan batas-batas eksplorasi manusia dan membawa keberanian dan keuletan yang sama untuk perjuangannya mendukung pengungsi," tulis Google, Selasa (10/10/2017).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini