Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

Tantang Samsung, Tablet Apple Mendatang Usung Fitur Face ID

Lely Maulida, Jurnalis · Selasa 10 Oktober 2017 20:04 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 10 57 1792832 tantang-samsung-tablet-apple-mendatang-usung-fitur-face-id-vipPbgeTu6.jpg (Foto: CNet)

CUPERTINO – iPhone X yang belum lama ini dirilis menjadi primadona jajaran smartphone besutan Apple. Samrtphone tersebut mengusung sederet fitur yang terbilang canggih.

Face ID menjadi salah stau fitur yang disebut-sebut canggih ketimbang vendor smartphone lainnya. Meski iPhone X belum mendarat di pasaran, rumor lain menyebutkan bahwa fitur Face ID juga akan dirancang Apple untuk iPad Pro.

MacRumors dan 9to5Mac melaporkan bahwa analis KGI Securities yang kerap kali dipercaya, Ming-Chi Kuo telah mengeluarkan catatan yang memprediksi bahwa model iPad Pro yang diluncurkan tahun depan akan mengusung teknologi Face ID.

Meski cukup terpercaya, rumor ini masih belum dapat diandalkan sepenuhnya. Pasalnya Face ID pada iPhone X saja belum banyak digunakan untuk saat ini, sehingga Apple belum mengetahui bagaimana tanggapan konsumen atas teknologi tersebut.

Jika rumor ini benar, Apple kemungkinan memasang Face ID pada iPad Pro dengan dua cara. Pertama, kamera dapat disematkan pada bezel bagian atas iPad selain di lokasi kamera untuk selfie.

Penempatan kamera itu juga bisa mengindikasikan desain iPad Pro yang kemungkinan bergaya iPhone X dengan bodi yang hampir tanpa bezel. Namun dengan desain seperti itu, timbul pertanyaan terkait Touch ID pada iPad Pro, apakah akan diganti atau Apple memungkinkan pengguna memanfaatkan dua pilihan otentikasi.

Sementara itu, Kuo meramalkan bahwa iPhone akan lebih banyak mengadopsi Face ID di tahun 2018, meski catatannya tidak begitu rinci. Kuo sebelumnya menuliskan bahwa iPhone di tahun 2018, akan mengusung teknologi Face ID jika teknologi tersebut sukses di tahun ini.

Teknologi Face ID dijelaskan Kuo sebelumnya merupakan teknologi yang sulit untuk ditiru oleh vendor lain seperti Android sebagai rival Apple. Menurut Kuo, perancang smartphone Android membutuhkan waktu hingga 2,5 tahun untuk mencocokkan fungsi dan pengalaman penggunaan kamera TrueDepth yakni teknologi dibalik Face ID yang ada di iPhone X.

Dalam laporan sebelumnya Kuo mengatakan butuh waktu 1-2 tahun untuk pesaing Apple menirukan Face ID iPhone X. Namun setelah menyaksikan demonstrasi teknis resmi Apple, Kuo kini memperkirakan bahwa replikasi teknologi untuk kamera Face ID akan memakan waktu lebih lama. Demikian seperti dilansir The Verge, Selasa (10/10/2017). (lnm).

(kem)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini