Nyalakan notifikasi untuk berita terbaru dari Okezone

DO YOU KNOW: Nih Alasan Durian Miliki Bau Menyengat

Dini Listiyani, Jurnalis · Rabu 11 Oktober 2017 09:51 WIB
https: img-z.okeinfo.net content 2017 10 11 56 1793077 do-you-know-nih-alasan-durian-miliki-bau-menyengat-JG6mPcvmbr.jpg (Foto: Wikimedia Commons)

JAKARTA - Durian dikenal disejumlah negara sebagai buah yang sangat bau dan para ilmuwan kini mengurutkan genom durian untuk mencari tahu mengapa ia bisa memiliki bau yang menyengat.

"Meskipun pentingnya durian sebagai tanaman buah tropis, penelitian genetika terkait durian hampir tidak ada sama sekali," tulis tim dalam makalah yang diterbitkan di jurnal Nature Genetics yang dikutip dari Gizmodo, Rabu (11/10/2017).

Para peneliti secara khusus mengurutkan Durio zibethinus, spesies durian yang populer, dan menemukan genomnya berisi hampir 1 miliar pasang basa yaitu As, Cs, Ts, dan Gs yang membentuk huruf-huruf ensiklopedia DNA.

Selain itu, mereka juga melihat RNA, jenis bahan genetik yang berbeda yang pada dasarnya merupakan salinan dari bagian instruksi DNA yang digunakan oleh sel untuk memproduksi protein.

Sel buah durian menghasilkan lebih banyak protein penghasil belerang dibandingkan dengan tanaman lainnya, seperti satu enzim yang disebut methionine gamma-lyase (MGL).

Selain itu, ia juga menghasilkan lebih banyak enzim yang terkait dengan pematangan yang disebut aminocyclopropane-carboxylic acid synthase (ACS).

Para penulis melihat, tanaman lain memiliki gen MGL, namun durian memiliki empat eksemplar dibandingkan hanya satu di tanaman kakao.

Para peneliti mengusulkan bahwa beberapa saat dalam sejarah evolusionernya, seluruh genomnya berlipat ganda. Dan, bersama-sama, ACS dan MGL bisa berada di balik proses jalur penghasil bau.

"Studi lebih lanjut diperlukan untuk membangun hubungan kausal langsung antara entitas molekuler ini," tulis para peneliti.

Pada akhirnya, penelitian ini penting hanya untuk membangun pemahaman ilmiah dan pertanian tentang buah yang populer itu.

(din)

Loading...

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini