OKEZONE INNOVATION: Yuk! Ketahui Sejarah Penemuan Kipas Angin Listrik

Riani Angel Agustine, Jurnalis · Rabu 11 Oktober 2017, 18:33 WIB
https: img-o.okeinfo.net content 2017 10 11 56 1793522 okezone-innovation-yuk-ketahui-sejarah-penemuan-kipas-angin-listrik-VXLtgGIEMD.jpg (Foto: Wikipedia)

JAKARTA - Kipas listrik adalah salah satu penemuan listrik terpenting sepanjang masa, karena kipas listrik merupakan dari perkembangan teknologi listrik yang lebih modern. Kipas angin listrik pertama kali dibuat pada 1886 oleh Schuyler Skaats Wheeler.

Wheeler memperkenalkan kipas angin elektrik pertamanya yang memiliki 2 baling-baling tanpa pelindung dan digerakkan oleh tenaga motor listrik (DC). Perkembangan kipas angin listrik selanjutnya dikerjakan oleh Philip H. Diehl yang mendapatkan hak patennya pada 1887.

Pada awalnya, kipas merupakan bagian dari sebuah gaya di zamannya. Namun, gagasan Romawi mendobrak kebiasaan orang-orang yang menggunakan kipas sebagai bagian dari fashion dengan menggabungkan es atau salju pada awal abad ke-19 untuk mendinginkan ruangan.

Pada 1830-an, Apalachioa, Fla, John Gorrie, seorang dokter Amerika, meniup udara di atas seember es untuk mendinginkan kamar-kamar rumah sakit untuk pasien malaria dan pasien penyakit demam kuning. Ketika Presiden James Garfield ditembak pada 1881, para insinyur Angkatan Laut Amerika Serikat menemukan sebuah alat yang menggabungkan kipas angin dan kain es, yang menurunkan suhu ruang presiden yang sekarat 20 derajat dan menghabiskan biaya sebesar 436 poundsterling per jam.

Kemudian, setahun setelah pembunuhan Garfield, Wheeler (1860-1923) menemukan cara menerapkan ilmu pengetahuan tentang listrik yang baru untuk membuat kipas angin berputar. kipas buatan Wheeler merupakan kipas dengan 2 baling-baling tanpa pelindung dan digerakkan oleh sebuah motor listrik (DC).

Adapun kipas angin buatan Philip H. Diehl dapat ditempel di langit-langit rumah sehingga banyak digunakan oleh masyarakat secara luas ketika itu. Ia kemudian terus menerus memperbarui kipas angin buatannya dengan menambahkan sendi split-ball di kipas angin listriknya di 1904 sehingga model kipas angin buatan Philip H. Diehl menjadi dasar dari penemuan kipas angin bolak-balik.

(ahl)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini