DO YOU KNOW: Layaknya Bumi, Bulan Ternyata Juga Berotasi Lho!

Dini Listiyani, Jurnalis · Kamis 12 Oktober 2017, 03:03 WIB
https: img.okeinfo.net content 2017 10 11 56 1793546 do-you-know-layaknya-bumi-bulan-ternyata-juga-berotasi-lho-p1oK05jlT5.jpg Ilustrasi (Foto: Shutterstock)

JAKARTA - Pengamat di Bumi mungkin memperhatikan bahwa bulan membuat sisi yang sama menghadap Bumi ketika melewati orbitnya. Hal ini menimbulkan pertanyaan, apakah bulan berotasi?

Jawab dari pertanyaan apakah bulan berputar atau tidak adalah iya, ia berputar meksi kelihatannya bertentangan dengan apa yang diamati mata manusia.

Dikutip dari Space, Kamis (12/10/2017), bulan mengorbit setiap 27.322 hari. Selain itu, ia memakan waktu sekira 27 hari agar bulan bisa berputar satu kali pada porosnya. Akibatnya, bulan seperti tidak berputar.

Sisi bulan yang terus-menerus menghadap Bumi dikenal sebagai sisi yang dekat. Sementara sisi yang berlawanan atau belakang merupakan sisi yang jauh. Terkadang, sisi yang jauh disebut sisi gelap bulan, tapi ini tidak akurat.

Saat bulan berada di antara Bumi dan Matahari, selama fase bulan baru, sisi belakang bulan bermandikan cahaya siang hari. Orbit dan rotasinya tidak terlalu cocok.

Bulan bergerak mengelilingi Bumi dalam orbit elips, lingkaran yang sedikit terang. Saat bulan paling dekat dengan Bumi, rotasinya lebih lambat dari perjalanannya melalui luar angkasa, sehingga memungkinkan pengamat melihat 8 derajat tambahan di sisi timur.

Saat bulan jauh, putarnnya lebih cepat, sehingga 8 derajat tambahan terlihat di sisi barat. Jika Anda bisa berkeliling ke sisi jauh bulan seperti astronot Apollo 8, Anda akan melihat permukaan yang sangat berbeda dari yang bisa dilihat.

Sementara sisi dekat bulan dihaluskan oleh maria yakni dataran gelap besar yang dibuat oleh aliran lava padat dan dataran tinggi lunar ringan, sisi yang jauh sangat berat.

Meskipun Anda tidak bisa melihat sisi belakang bulan dari Bumi, NASA dan badan antariksa lainnya telah melihatnya sekilas dengan satelit.

(din)

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini